Kelas Menulis “20 Hari Belajar Menulis Cerita” - Soeara Moeria

Breaking

Monday, 1 February 2021

Kelas Menulis “20 Hari Belajar Menulis Cerita”

 

Kelas menulis "20 hari belajar menulis cerita." (Foto: Via)
Jepara, soearamoeria.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Inisiatif Terprogram Dari Rumah (MIT DR) XI UIN Walisongo Semarang bekerjasama dengan Rumah Belajar Ilalang (RBI) Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara untuk meningkatkan literasi utamanya kepada generasi muda menggelar Kelas Menulis “20 Hari Menulis Cerita”. 


Kegiatan menulis yang dimulai Senin (1/2/2021) di Sanggar RBI ini menghadirkan narasumber penulis sekaligus seniman Widyo Leksono atau yang akrab disapa Babahe. 



Mahasiswa KKN MIT DR-XI, Muhammad Hafidz mengungkapkan kelas menulis tersebut diadakan karena pentingnya generasi muda peduli terhadap literasi. Ditambahkan, kegiatan juga untuk memperingati Hari Bahasa Ibu. “Karena penguasaan bahasa seorang anak dimulai dengan perolehan bahasa pertamanya (First Language),” terangnya. 


Pemerolehan bahasa merupakan sebuah proses yang panjang, dimulai ketika anak tidak bisa berbicara hingga fasih berbicara dan mulai mengenal bahasa lain (Second Language). 


Dalam kegiatan yang berlangsung hingga 20 hari kedepan pihaknya memberikan semangat kepada para generasi muda untuk belajar menulis  sehingga memunculkan penulis – penulis baru di Kabupaten Jepara. “Rangkaian acara pada hari pertama yaitu pembukaan, kesepakatan kelas, pembagian kelompok. Untuk  pertemuan selanjutnya sudah mulai kelas diadakan per kelompok hingga 20 hari kedepan,” tambah Hafidz. 


Hal lain ditambahkan Founder RBI, Muhammad Hasan. Target peserta jelasnya bisa menulis cerita dengan tema Jepara khususnya bahasa Jawa Jeparanan. “Dan hasil dari tulisan dipentaskan pada tanggal 21 Februari 2021 dan akan di bukukan menjadi antologi cerita Jepara,” ujarnya. (vi)

No comments:

Post a comment