Badko TPQ Temanggung Luncurkan Buku Bahan Ajar - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 17 September 2020

Badko TPQ Temanggung Luncurkan Buku Bahan Ajar

Peluncuran buku bahan ajar Badko TPQ Temanggung.

Temanggung, soearamoeria.com - Kegiatan Gebyar Muharam diselenggarakan dalam rangka peringatan pergantian tahun Islam. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung oleh Badan Koordinasi Taman Pendidikan Al-Qur'an (Badko TPQ) pada Kamis (17/09/2020).


Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Temanggung yang diwakili oleh Tri Raharjo, selaku Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, Kemasyarakatan, Pendidikan, dan Kebudayaan, serta tamu undangan dari berbagai unsur.


"Kegiatan seperti ini harus tetap berjalan. Sebagai ajang kreativitas dan penguatan ilmu untuk menambah atau mengasah kompetensi" kata Tri Raharjo dalam sambutannya.


Sambungnya, lomba-lomba ini tentunya sebagai media mengembangkan pembelajaran. Mencari hal yang inovatif dan kreatif demi kemajuan pembelajaran di tingkat TPQ.


H. Mahsun selaku Ketua Badko TPQ Kabupaten Temanggung menyatakan kreativitas dan inovasi dari masing-masing peserta menjadi ujung tombak dalam peningkatan mutu pembelajaran di tingkat TPQ. Apalagi di saat seperti ini, munculnya pandemi Covid-19 membuat semuanya harus berinovasi agar pembelajaran di TPQ tetap berlanjut.


"Munculnya Covid-19 ini membuat semuanya harus beradaptasi. Agar pendidikan di TPQ tetap berlanjut," katanya.


Lanjutnya, keberlanjutan hal tersebut juga harus didampingi dengan kemampuan menggunakan teknologi. Berawal dari lomba-lomba ini sebagai awal untuk mengoptimalkan teknologi yang ada jangan sampai ketinggalan memahami teknologi.


Dengan lomba yang ada tentunya selain mengenalkan teknologi juga memberi semangat kepada ustadz dan ustadzah serta santri untuk tetap semangat melaksanakan proses pendidikan, tandasnya.


"Dari lomba-lomba yang telah dilaksanakan telah diperoleh juara yang terdiri dua kategori," tegasnya.


Lanjutnya, kategori yang pertama adalah lomba inovasi pembelajaran inovasi ustadz/ustadzah. Kategori tersebut diambil 3 juara. Juara 1 Dahroni perwakilan Badko TPQ Jumo dengan total nilai 246. Juara 2 Kun Khayati dari perwakilan Badko TPQ Gemawang dengan total nilai 241. Juara 3 Hanif Fakhiratul Muna perwakilan Badko TPQ Bansari dengan total nilai 237.


Sambungnya, untuk kategori kreasi santri Juara 1 Dina Aulia Noviyanti perwakilan Badko TPQ Tembarak dengan total 238. Juara 2 Nida Aulia Ramadhani perwakilan Badko TPQ Ngadirejo dengan total nilai 237. Juara 3 Rifqi Umayah perwakilan Badko TPQ Bansari dengan total nilai 233


Bukan hanya pengumuman kejuaraan saja dalam rangkaian Gebyar Muharam ini. Namun juga ada launching buku bahan ajar untuk seluruh TPQ di Kabupaten Temanggung. Tujuannya sebagai pedoman dalam pengajaran di TPQ masing-masing. 


"Di kesempatan ini juga ada launching buku bahan ajar bagi pendidik di seluruh TPQ," pungkasnya. 


Buku bahan ajar TPQ itu secara simbolis dilaunching Tri Raharjo selaku Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia, Kemasyarakatan, Pendidikan, dan Kebudayaan yang mewakili Bupati Temanggung yang diberikan kepada Ketua Badko TPQ Kabupaten Temanggung H. Mahsun.


"Semoga buku bahan ajar ini bermanfaat tidak hanya satu periode, tapi untuk selamanya," ujarnya saat melaunching buku. (hi)

No comments:

Post a comment