Luar Biasa, TNI Ini Bawa Tas Ransel Keliling Desa Sebar “Virus” Baca!

Pelda Jumbadi sebar "virus" membaca. (Foto: Istimewa) 

Demak, SoearaMoeria.Com
Salah satu anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini patut diacungi jempol. Karena selain menjalankan tugas sebagai abdi negara; menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat juga meluangkan waktunya memberantas buta aksara (buta huruf) di Desa Jali Kecamatan Bonang Kabupaten Demak.

Terkait hal itu saat ditemui di Desa Jali, Pelda Jumbadi, Babinsa Koramil 02/Bonang Kodim 0716/Demak, Selasa (31/7/2018) mengatakan salah satu motivasi dirinya merasa prihatin dengan kondisi masyarakat sekarang yang kurang akan minat baca.

"Pada dasarnya saya sangat prihatin ketika mengetahui warga masyarakat maupun anak-anak di sini minat bacanya sangat minim, sehingga saya pribadi berinisiatif mendirikan perpustakaan keliling," katanya.

Pelda Jumbadi menjelaskan perpustakaan keliling yang ia kelola bertujuan memberikan pelajaran kepada masyarakat khususnya orang tua dan anak-anak yang belum suka membaca.

"Perpustakaan keliling baru sekitar dua minggu saya dirikan, dan alhamdulillah sampai saat ini berjalan lancar," ceritanya.

Perpustakaan keliling yang dimaksud lanjutnya mendatangi masyarakat di desa dengan cara membawa buku-buku bacaan yang disimpan dalam sebuah tas ransel sambil menggunakan kendaraan bermotor maupun jalan kaki," ungkapnya.

"Ya sekitar jam 3 sore itu, saya mengunjungi masyarakat di Desa Jali sambil bawa buku-buku bacaan dan pelajaran yang saya isi dalam tas ransel," jelasnya.

Seperti yang kita lihat sendiri buku-buku yang ada ini baru sekitar puluhan saja, tentu saya berharap ada relawan yang mau memberikan bantuan  buku," kata dia berharap.

Ia mengaku saat ini  jadwal perpustakaan keliling minimal dalam satu minggu dilaksanakan tiga kali. Sehingga masyarakat atau anak-anak yang dia ajak membaca tidak merasa jenuh atau bosan.

Masyarakat sambut baik gerakan Pelda Jumbadi. (Foto: Istimewa)
Kepala Desa Jali, Mustafid menyatakan sangat terbantu dengan adanya perpustakaan keliling tersebut karena masyarakatnya sudah mulai ada minat membaca.

"Jujur dengan adanya perpustakaan keliling ini, saya selaku kepala desa dan pribadi sangat berterima kasih kepada bapak Babinsa, dan yang pasti kegiatan ini akan kami dukung," ucapnya sambil melirik Pelda Jumbadi.

Terpisah Pj. Danramil  0716-02/ Bonang, Kapten Inf. Juwedi, mengaku menurut laporan yang ia terima masyarakat antusias dengan adanya perpustakaan keliling tersebut.

Sehingga ke depan ia berharap hal itu akan terus berlanjut sehingga dapat menumbuhkan minat baca bagi kalangan masyarakat, pelajar dan anak-anak di desa binaan Babinsa. (sm)
Luar Biasa, TNI Ini Bawa Tas Ransel Keliling Desa Sebar “Virus” Baca! Luar Biasa, TNI Ini Bawa Tas Ransel Keliling Desa Sebar “Virus” Baca!    Reviewed by Syaiful Mustaqim on 02:12:00 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.