Cari Laptop Baru dan Seken di “Qobul Jaya Computer” Saja!

Pembeli laptop di Qobul Jaya Computer. (Foto: SoearaMoeria.Com)

Jepara, SoearaMoeria.Com
Tahun 2017 lalu, Muhammad Kholidun “ditantang” bapaknya, Suryati. “Ikut orang (jadi buruh, red.) jualan laptop itu lama-lama tidak layak jadi income (pemasukan,red.). Misal jika buka usaha sendiri berani tidak?” begitu tantangannya.

Di tahun itu pula Suryati, bapaknya meminta dia boyong dari Semarang agar pekerjaan yang sudah digelutinya mulai 2011 hingga 2017 bisa dikembangkan sendiri di Jepara.

Atas bujukan dari orangtuanya itu, pria yang lahir di Jepara, 15 Februari 1989 itu pamit undur diri kepada bosnya, pemilik Podomoro Computer yang berada di Matahari Simpang Lima Semarang. Namun pada bosnya dia tidak lantas bilang akan membuka usaha serupa.

Boyongan ke rumah di Desa Tanjung RT.09 RW.03 Kecamatan Pakisaji Kabupaten Jepara, Kholidun (sapaan akrabnya) tidak langsung buka usaha. Dia masih memilah dan memilih antara usaha foto kopi atau laptop.

Bimbangnya memilih karena pernah di-lakoni-nya semua saat masih kuliah di Stekom Semarang program studi Teknik Komputer. Tahun 2008 silam, awal masuk kuliah Strata Satu (S1) dia bekerja di fotokopian di Daerah Majapahit Pedurungan, Semarang.

Kerja di tempat fotokopi dia lakukan setelah kuliah. “Pukul 10.30 – 18.00 WIB waktu kerjanya. Hari Minggu libur. Gaji hariannya 12.500,” kenangnya di sela-sela melayani pelanggan.

Jeda sebulan setelah risen dirinya mencoba melamar di salah satu toko Computer di wilayah Matahari Simpang Lima Semarang. Lamarannya diterima. Ia pun jadi pekerja yang tugasnya sebagai sales, tukang servis maupun tugas-tugas yang lain. Itu Kholidun lakoni selama 7 tahun.

Dari pilihannya itu alhasil putra kedua dari 6 bersaudara itu memutuskan untuk membuka toko Computer. Ia segera lapor “bos”nya. Dan “bos”nya membolehkan.

Di awal buka toko Agustus 2017 yang diberi nama “Qobul Jaya Computer” yang lokasinya berhadapan persis dengan Alfamart Ngabul Jepara berjalan sesuai dengan harapannya. Para pelanggan mulai berdatangan. Ada yang kebetulan lewat, kolega, serta yang kebetulan mengakses Fb, Instagram pribadi yang isinya dagangannya serta di berbagai lapak jual beli yang ia share banyak yang nyantol (cocok) untuk membelinya.

Namun belum genap setahun usahanya berjalan, tepatnya 21 April 2018 putra pasangan Suryati (bapak)–Tumirah (ibu) itu dirundung musibah. 26 unit dagangannya, 5 baru, 3 servis dan lainnya seken digondol maling. Ia pun rugi puluhan juta rupiah.

Kabar itu ia peroleh saat seorang teman penjual korden, satu deret dengan tokonya menelponnya pagi-pagi. Katanya toko dia yang berukuran 3 x 3 meter ada yang mencongkel. Tentu kejadiannya berlangsung dini hari sebelumnya.

Nah, bertepatan dengan hari lahir Kartini, bersamaan pula dengan perayaan ulang tahun (ultah) keponakannya yang mulanya bersuka ria jadi kabar duka.

Sepekan pasca mendapat musibah dia menyerahkan sepenuhnya kepada Allah. Karena modal awal membuka usaha senilai 30 juta belum kembali. Sehingga Kholidun harus menenangkan diri terlebih dahulu.

Kholidun, pemilik Qobul Jaya Computer
Teman-teman sesama penjual laptop seken banyak yang mensupport agar tidak kapok. Banyak juga yang menitipkan barang kepadanya. Uang baru dibayarkan saat barang laku.  

Seminggu setelah memperoleh musibah dia yang pernah mengenyam pendidikan di MTs dan MA itu memang seperti memulai membuka usaha baru. Meski begitu dalam sebulan, jika toko ramai ada 15 unit laptop yang terjual baik baru maupun seken.

Barang-barang yang dijual meliputi laptop, notebook baru dan seken dari harga mulai 1 hingga 2 jutaan.

“Toko saya juga melayani servis dan jual aneka aksesoris. Di antaranya mouse, keyboard, flash disk, ram, spicker, headset, cooling pad, cabel hdmi, stick PS dan lain-lain. Dengan harga bersaing,” jelasnya.  

Toko buka saben hari. Tutup jika ada acara. Buka dari pukul 10.00 – 20.00 WIB. Toko yang Agustus ini genap berusia setahun ini sudah dipercaya beberapa SMK di Jepara untuk kegiatan PKL khususnya jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Pihaknya pun welcome jika ada murid sekolah yang hendak belajar dengannya.  

Januari–Maret lalu, ada siswa PKL dari SMK NU Cendekia Kembang. Kemudian Juli–September mendatang, ini masih berlangsung siswa PKL dari SMK Nurul Islam Geneng, Batealit, Jepara.

Ajeng, adalah satu pembeli laptop di toko Qobul Jaya. Perempuan cantik semester akhir yang masih kuliah IAIN Kudus itu mengaku laptop yang berisi file skripsinya raib digondol maling saat mandi. Usai mandi perempuan asal Kecamatan Batealit, Jepara yang ngekos di belakang kampus lama IAIN Kudus baru sadar jika PC-nya hilang.

Karena butuh segera membeli laptop untuk merampungkan skripsi ia tak sengaja membuka Instagram @Kho_leed. Akhirnya Sabtu (4/8/2018) malam ia datang bersama temannya Vinda dari Kalinyamatan. Dan dia membeli laptop merk Asus seharga Rp.2.5 juta. (sm)

INFO TOKO
Pemilik : Muhammad Kholidun
Nama Toko : Qobul Jaya Computer
Alamat Toko : Ngabul RT.03 RW.03 Tahunan Jepara (Depan Alfamart)
Tagline : Jual Laptop Baru dan Seken
Akun medsos
Facebook : Kho_leed
Instagram : Kho_leed
Telepon : 0852 2837 8162
Cari Laptop Baru dan Seken di “Qobul Jaya Computer” Saja! Cari Laptop Baru dan Seken di “Qobul Jaya Computer” Saja! Reviewed by Syaiful Mustaqim on 22:31:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.