Santri Az Zahra Belajar Manfaat Tanaman Herbal

Jepara, SoearaMoeria.Com
Ratusan santri SMK Az Zahra Mlonggo Jepara jurusan Multimedia, Broadcasting TV dan Teknik Sepeda Motor (TSM) memperoleh penyuluhan manfaat tanaman herbal, Kamis (27/7/2017) kemarin.

Penyuluhan yang dilakukan dari kelas ke kelas disampaikan Adi Sucipto, tim penyuluh dari Pengembangan dan Pemanfaatan Lingkungan Hidup (PPLH) Salatiga.

Penyuluhan manfaat lingkungan itu lebih menyasar SMA sederajat. Selama kurang lebih 1 semester ini pihaknya sudah memberikan penyuluhan sekolah di kecamatan Mayong, Kalinyamatan, Pecangaan, Jepara, Bangsri, Keling dan Donorojo.

“Sebelum datang ke sekolah kami minta izin dulu kepada Dinas Pendidikan,” kata Adi yang asli Ngawi, Jawa Timur ini.

Penyuluhan itu sebut dia tidak diwajibkan. “Alhamdulillah kami bisa diterima oleh sekolah-sekolah yang ada di Jepara,” urai lulusan diploma Farmasi ini.

Lelaki dua anak itu menyebutkan kegiatan betujuan untuk menumbuhkan peduli lingkungan, memberikan inspirasi kepada anak cinta lingkungan hidup, mengajak anak back to nature (kembali ke alam) serta life skill anak.

Salah satu peserta penyuluhan, Sigit Amaludin merasa senang mengikuti kegiatan itu. Siswa XI TSM itu menjadi tahu dan mendapat manfaat mempelajari tanaman herbal.

Hal senada diucapkan Firda Dewi Astikasari. Menurut siswi kelas XI Multimedia itu menyatakan bahwa banyak tanaman herbal yang bisa untuk penyembuhan penyakit.

“Asoka untuk asam urat, sensivera untuk menghilangkan asap rokok dan sirih air untuk darah tinggi,” jelas Firda menyebut beberapa manfaat tanaman herbal.

Usai ikut penyuluhan ia pun bisa tahu gejala dan cara penyembuhan penyakit. SMK Az Zahra merupakan salah satu sekolah berbasis pesantren yang peduli lingkungan.

Terbukti pada pengenalan lingkungan sekolah (PLS) untuk santri baru sejumlah 100 anak diminta untuk membawa tanaman dan ditanam di halaman sekolah.
Di akhir kegiatan, pihak PPLH menyumbangkan buku untuk perpustakaan Az Zahra. Secara simbolis penyerahan buku manfaat tanaman herbal diberikan Adi Sucipto untuk Zainuri, pengelola perpustakaan. (sm)
Santri Az Zahra Belajar Manfaat Tanaman Herbal Santri Az Zahra Belajar Manfaat Tanaman Herbal Reviewed by Syaiful Mustaqim on 06:13:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.