Pentingnya Self Care untuk Diri Sendiri - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 08 Januari 2024

Pentingnya Self Care untuk Diri Sendiri

Self care. (Foto: kompasiana.com)
Kehidupan memang terkadang berjalan tidak seperti apa yang kita inginkan. Justru hal-hal yang disukai datang memberikan pelajaran berharga untuk masa depan. Maka dari itu diperlukan cara untuk menghadapi semua itu, salah satunya dengan melakukan self care. Self care bertujuan sebagai perawatan diri untuk jiwa, pikiran, batin, fisik dan mental.  Self care sangat diperlukan oleh individu yang menjadi kebutuhan yang amat harus dipenuhi supaya bisa memahami dirinya sendiri. 


Banyak sekali manfaat dari melakukan self care di antaranya:


1. Memenuhi kebutuhan individu entah itu kebutuhan primer seperti papan, sandang dan pangan atau kebutuhan emosional seperti kasih sayang dari orang lain, empati, kebersamaan, dan ketenangan batin, dan lain-lain. 


2. Membantu individu untuk berkembang dengan optimal sesuai dengan bakat, minat, kemauan, dan kemampuan sehingga bisa menjadi diri sendiri.


3. Meningkatkan rasa percaya diri sehingga individu bisa mengekspresikan diri tanpa perlu merasa takut, berani untuk jujur, dan mampu untuk berbicara tanpa harus takut dengan persepsi orang lain tentang dirinya.


4. Mengatasi kecemasan melalui perawatan diri sehingga mampu memiliki kemampuan problem solving yang bagus supaya ketika ada masalah mampu mengatasi dengan pikiran jernih.


5. Membantu individu untuk berpikir positif agar apapun keadaannya entah itu dalam keadaan yang tidak kondusif, melelahkan, menguras emosi ataupun cobaan yang tidak mudah untuk dilewati.


Setelah mengetahui manfaat self care, kita juga perlu mengetahui jenis-jenis self care, di antaranya:

 1.  Physical Self Care

 Self care ini berkaitan dengan kebutuhan fisik manusia meliputi makanan yang bergizi, oksigen, tidur yang cukup, olahraga yang teratur. 


 2.  Emotional Self Care

 Self care ini berkaitan dengan kebutuhan emosional manusia meliputi rasa kenyamanan, ketenangan, kebahagiaan, dan ketentraman dalam jiwa, pikiran, batin dan perasaan.


 3. Spiritual Self Care

Self care ini berkaitan dengan spiritual. Cara kita untuk dengan Allah melalui kegiatan keagamaan seperti shalat, berzikir, berpuasa, dan lainnya. 


Cara sederhana melakukan self care di antaranya:

 1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat di sini bukan sekedar sehat secara fisik melainkan juga psikis. Sehat secara fisik dapat diperoleh dengan menjaga pola makan, mengonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan rutin melakukan olahraga.


Sehat secara psikis dapat diperoleh dengan membatasi diri dengan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti berpikir negatif, berbuat sesuatu demi mendapatkan validasi dari orang lain dan mulai belajar membenahi diri. Salah satu caranya dengan mengucapkan afirmasi positif untuk diri sendiri seperti "terima kasih telah berjuang, kamu hebat, dan layak untuk bahagia" ketika bangun tidur dan sebelum tidur.


2. Selalu Mendekatkan Diri kepada Allah

Dengan percaya adanya zat yang selalu ada bersama kita apapun keaadaannya, kita tidak akan merasa sendirian lagi bahkan ketika semua orang tidak peduli. Masih ada Allah yang menjadi penolong untuk hambanya. Menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya akan menjadikan hidup yang dijalani menjadi lebih ringan meskipun kenyataannya banyak plot twist yang mengiringi perjalanan hidup.


 3. Memperhatikan Kesehatan Mental

Dengan memperhatikan kesehatan mental kita akan membantu mengenali apa yang dibutuhkan dan apa yang seharusnya tidak perlu diperhatikan. Memahami mana keinginan dan kebutuhan yang perlu untuk didahulukan.


Dengan melakukan self care kita mampu menghargai diri sendiri, mencintai, menerima, dan tidak lagi membandingkan diri dengan orang lain. Kita Bisa mengerti hal-hal yang bisa dikendalikan dan di luar kendali kita sehingga tidak mudah terpengaruh kata-kata yang mungkin bisa membuat down, menyalahkan diri sendiri atau bahkan merasa diri sendiri itu tidak berharga. (Zulfa Wafirotul Khusna/12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar