Hindari Seks Bebas dan Narkoba Cegah HIV/ AIDS


Demak, soearamoeria.com
Kewaspadaan terhadap virus mematikan HIV/ AIDS dilakukan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Demak bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Demak dan Kodim 0716/ Demak.

Sosialisasi bahaya penyakit HIV/ AIDS dan IMS di kalangan prajurit TNI AD Kodim 0716/ Demak mengambil setting di Aula Makodim 0716/Demak, serta dihadiri Dandim 0716/ Demak Letkol Inf Agung Udayana, Plt. Asisten II Setda Demak Windu Sunardi, SH ,MH, Heri Winarno SKM, M.Kes Kabid P3PL Demak, Kasdim 0716/ Demak Mayor Arm Dede Sudrajat, Kaminvetcad 22 Demak Mayor Caj (K) Ismiati, para Danramil sejajaran Kodim serta prajurit dan PNS Kodim/ Demak yang di hadiri lebih kurang 183 orang, Senin (31/10/16).

Komandan Kodim 0716/ Demak Letkol Inf Agung Udayana mengatakan kegiatan itu dimaksudkan untuk mencegah agar penyakit HIV/ AIDS tidak menjangkiti prajurit serta keluarganya, karena penyakit itu sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bagi mereka yang terjangkit.

 “HIV atau AIDS memang masuk kategori penyakit menular, tetapi penularannya tidak seperti yang beredar saat ini di kalangan masyarakat. Mereka yang menderita penyakit ini, juga punya hak hidup sama seperti kita,” ujar Dandim.

 “Sudah selayaknya dan sudah sepantasnya, kita memberi uluran tangan kepada mereka, terutama nantinya Babinsa akan menjadi kader dalam sosialisasi virus mematikan ini, bukan malah diintimidasi atau dikucilkan, karena sebagian dari mereka tertular virus ini bukan karena melakukan perilaku menyeleweng, sebagai contoh balita-balita yang diduga ikut tertular penyakit ini, mereka ini sama sekali tidak tahu menahu apa yang sudah diperbuat orang tua mereka. Kita jangan menghakimi mereka, seakan-akan diri kita lebih mengerti daripada Tuhan,” tambah Agung Udayana.

Dalam kesempatan yang lain Windu Sunardi, SH, MH Plt. Asisten II Setda Demak yang sekaligus merupakan ketua Pelaksana KPAD Demak yang membuka langsung acara sosialisasi ini mengatakan sosialisasi ini sangat penting hingga hasilnya nanti dapat disebarluaskan kepada seluruh lapisan masyarakat, lingkungan keluarga dan lingkungan kerja masing-masing.

"Saya sangat mengharapkan peran serta aktif dari peserta maupun seluruh elemen masyarakat Demak agar kita dapat mendapatkan pemahaman yang benar mengenai HIV/ AIDS ini. Dengan pemahaman yang benar dapat menghindari dan mencegah HIV/AIDS bagi diri kita. Sedangkan untuk penderita dianjurkan supaya berobat secara teratur," jelasnya.

Kepala Bidang P3PL Dinas Kesehatan Demak, Heri Winarno, yang bertindak sebagai narasumber mengatakan agar tidak terkena penyakit HIV/AIDS maka sedini mungkin menghindari penyalahgunaan seks bebas maupun narkotika.

"Kasihan anak-anak yang tidak mengetahui apa-apa tapi juga terjangkit virus mematikan ini. Sedang mereka mungkin saja terjangkit melalui transfusi darah," ujarnya.

Menurut data Dinas Kesehatan Demak saat ini sekitar 306 orang yang terjangkit HIV/AIDS yang paling banyak adalah wilayah Karangawen dan Mranggen. Lewat sosialisasi ini pula, Heri berharap agar para Babinsa dapat menjadi kader serta menyebarluaskan pemahaman atas bahaya HIV-AIDS ke seluruh komponen masyarakat di lingkungannya masing-masing. (Pendim 0716/ Demak)
Hindari Seks Bebas dan Narkoba Cegah HIV/ AIDS Hindari Seks Bebas dan Narkoba Cegah HIV/ AIDS Reviewed by Syaiful Mustaqim on 18:23:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.