Angkat Kisah Penyandang HIV/ Aids Lewat Buku


Hentikan Stigma Negatif untuk Penderita HIV/ Aids

Kudus, soearamoeria.com
Buku ‘’Anai-anai Digelap Badai’’ karya penyair Sosiawan Leak, digelar di Aula Masjid Darul Ilmi Universitas Muria Kudus (UMK), Rabu (27/4/2016). Bedah buku diselenggarakan atas kerja sama antara Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI) dengan Yayasan Rumah Matahari Pati.

Ari Subekti, koordinator Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Rumah Matahari mengutarakan, ini adalah rangkaian dari roadshow bedah buku dengan menggandeng berbagai organisasi atau institusi. ‘’Ini merupakan sosialisasi kreatif untuk melawan stigma  negatif terhadap para peyandang HIV/ Aids,’’ ujarnya.

Harapan dari sosialisasi ini, yaitu mengikis sedikit demi sedikit diskriminasi terhadap para penyandang HIV/ Aids. ‘’Buku Anai-anai Ditengah Badai ini sangat menarik, karena memberikan penyadaran agar seseorang bisa humanis terhadap Orang dengan HIV/ Aids (ODHA), sehingga diskriminasi terhadap mereka terkikis dan para penyandang ODHA berani membuka diri dan terlibat dalam memutus matas rantai penularan HIV,’’ paparnya.

Sosiawan Leak dalam bedah buku yang dibuka Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Slamet Utomo M.Pd., memaparkan mengenai proses kreatif menarasikan kisah orang-orang yang memiliki kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian hidup maha berat sebagai ODHA.

‘’Buku ini merangkum kisah nyata ODHA dalam mengarungi hidup yang dikemas dengan bahasa sastra. Ini merupakan strategi pembelajaran dalam memahami HIV. Ini adalah kisah nyata. Hanya hanya memindahkan cerita sebenarnya dari para narasumber dalam bentuk tulisan,’’ akunya.

Buku karyanya tersebut prosesnya pun tidak singkat, yakni antara 2012-2105. ‘’Kisah-kisah yang dipaparkan narasumber merupakan pembelajaran kepada semua pihak, tentang bagaimana menangani HIV/Aids dari sudut pandang korban,’’ ungkapnya.

Bedah buku yang diikuti ratusan pelajar tingkat SMA dari berbagai sekolah yang ada di Kudus ini, juga menghadirkan Asa Jatmiko (sastrawan) dan M, Noor Ahsin (dosen Prodi PBSI) sebagai narasumber. Bedah buku dipandu aktivis perempuan, Eni Mardiyanti.

Selain para narasumber itu, bedah buku juga menghadirkan para mantan ODHA yang menjadi narasumber penulisan buku, sehingga para peserta bisa berdialog langsung dan belajar tentang bagaimana mereka menghadapi penyakit mematikan itu di tengah stigma negatif masyarakat terkait penyakit yang dideritanya. Bedah buku semakin menarik, saat Leak tak kuasa menolak permintaan audiens agar dirinya membacakan puisinya. (Ros)
Angkat Kisah Penyandang HIV/ Aids Lewat Buku Angkat Kisah Penyandang HIV/ Aids Lewat Buku Reviewed by Syaiful Mustaqim on 18:37:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.