Penulisan Karya Ilmiah Penting untuk Dosen - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 30 Januari 2015

Penulisan Karya Ilmiah Penting untuk Dosen


Jepara, soearamoeria.com
Wakil Rektor III Unisnu Jepara, H Mustofa Muhtar mewakili Rektor Unisnu Jepara, Prof. Muhtarom menerangkan penulisan proposal, karya ilmiah dan penelitian untuk dosen sangat penting dilakukan. Hal ini sebagai penentu mutu dan kualitas dosen maupun institusi pendidikan.

Demikian diuraikannya dalam “Workshop Penulisan Artikel Hasil Pengabdian dan Penulisan Proposal Hibah Pengabdian Dikti” yang diselenggarakan LPPM Unisnu Jepara, bertempat di aula lantai 3 FEB, Rabu (28/1/15) kemarin.

Menurut Mustofa kegiatan yang diikuti 70 dosen 41 dari Unisnu sisanya dari kampus lain ini mengatakan dosen yang mempunyai kemampuan lebih akan bermanfaat bagi pribadi masing-masing. “Utamanya untuk penunjang sertifikasi dosen maupun akreditasi lembaga pendidikan tinggi,” jelasnya.

Ia pun meyakini jika dosen dan lembaga memiliki kualitas unggulan manfaatnya akan bermuara pada lulusan-lulusannya.

Dalam kegiatan yang berlangsung sehari ini menghadirkan dua narasumber andal. Ialah Dra. Ema Wuryani, M.Hum akademisi Universitas Kristen Satya Wacana (Salatiga) serta Dra. Suparni Setyowati Rahayu, M.SI dari Politeknik Negeri Semarang (Polines).

Peluang
Yayuk panggilan akrab Suparni dalam paparannya memantik peserta untuk membaca peluang. Misalnya peluang program Iptek bagi Masyarakat (IBM) tahun ini jumlah pengusulnya 5247 yang diterima sejumlah 2430 se-Indonesia.

Peluang ini terangnya potensi-potensi yang ada di daerah harus dikembangkan. “Saya saat bepergian ke Jogja lewat wisata Kopeng saya potret potensi yang ada di sana,” tegasnya.

Yang dilakukan oleh dosen sebutnya tentu bermuara kepada hal positif. Yakni mengubah paradigma masyarakat. Sehingga pendidik layak dijuluki professional, pendidik masyarakat (prodikmas).

Apalagi terkait pengabdian terhadap masyarakat sebagaimana Permendikbud No.49 tahun 2014 bahwa pengabdian merupakan bagian dari darma pendidikan. Mumpung masih punya kesempatan ia berharap kepada dosen yang hadir memanfaatkan peluang tersebut agar hasilnya bermanfaat untuk masyarakat. (Syaiful Mustaqim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar