Rektor Unissula: Halal Bihalal Hanya Ada di Indonesia - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 09 Agustus 2014

Rektor Unissula: Halal Bihalal Hanya Ada di Indonesia





Jepara, soearamoeria.com-Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, H Anis Malik Thoha berkesempatan hadir dalam Halal Bihalal yang diselenggarakan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara yang berlangsung di Gedung Haji MWCNU Tahunan, Kompleks Unisnu Jepara, awal pekan kemarin.

Dalam kesempatan tersebut Anis menyampaikan tradisi halal bi halal. Dilontarkannya hal tersebut lantaran ada sebagian pihak yang mengkritisi tradisi yang telah mengakar tersebut sebagai bid’ah.

Menurutnya tidak semua hal dihukumi 'sesat'. Demikian halnya tradisi halal bi halal. Tradisi tersebut tidak ditemukan di luar ranah nusantara dan hanya ditemukan di Indonesia.

Tradisi halal bihalal menurut Katib Aam Syuriah NU Cabang Istimewa Malaysia sudah ada sejak zaman pangeran Mangku Negara I sekitar abad ke-18. Pangeran Samber Nyowo memperkenalkan tradisi baru tersebut dengan bersalam-salaman setelah sholat Ied yang dilaksanakan di Keraton bersama seluruh abdi dalem.

Oleh ulama tradisi tersebut kemudian dihidupkan sebagai halal bihalal. Sebagai momentum saling memaafkan. Sampai sekarang sebagai tradisi nasional yang masih dilestarikan hingga sekarang. (qim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar