Prof Mukhamad Murdiono: Guru Harus Mencintai Peserta Didik - Soeara Moeria

Breaking

Wednesday, 7 December 2022

Prof Mukhamad Murdiono: Guru Harus Mencintai Peserta Didik

Webinar dalam tangkapan layar. 

Yogyakarta, soearamoeria.com - Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa mengadakan Seminar dan Temu Alumni. Kegiatan berkolaborasi dengan organisasi mahasiswa Ikatan Mahasiswa Program Studi PGSD. 


Kegiatan bertajuk “Menyiapkan Pendidik yang Berbudaya dan Berkarakter Untuk Mengembangkan Pendidikan Dasar di Era Merdeka Belajar” berlangsung pada Rabu (7/12/2022).


Prof Mukhamad Murdiono, Guru Besar dari kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dalam pemaparannya menyampaikan untuk menjadi guru yang berbudaya dan berkarakter itu harus mencintai peserta didiknya. 


"Kemudian memahami latar belakang sosial peserta didik, harus bisa menjadi motivator, bersedia untuk selalu belajar secara terus menerus, mengajar dan mendidik dengan hati, dan yang paling penting yaitu mencintai profesi sebagai guru dari hati," jelasnya.  


Sebagai narasumber kedua, Fajar Kurnia Aji yang merupakan alumnus PGSD UST 2013, Guru SD N Surokarsan 2 Kota Yogyakarta, dan Instruktur Nasional Program Guru Pembelajaran Kemendikbud RI menyampaikan paradigma Ki Hajar Dewantara mendidik anak sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman, peran teknologi yang saat ini sangat mendorong siswa untuk dapat mengembangkan potensi yang ada dalam peserta didik itu sendiri. "Kemudian sekolah merupakan menjadi pusat untuk membentuk karakter murid," tambahnya.


Ketua panitia Bherrio Dwi Saputra menyampaikan  kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 300 peserta secara virtual daring melalui zoom. 


Adapun peserta dari kalangan mahasiswa, alumni, dan pendidik. 


"Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan menjadi sinergitas antara program studi PGSD UST dan alumni semakin dekat dan mempererat tali silaturahmi, dengan harapan kedepan akan bisa menjadi kegiatan rutin di setiap tahunnya," harapnya. (ip)

No comments:

Post a Comment