KH Nur Kholiq Ma'ruf Pengasuh Pesantren Az-Zahra Tutup Usia

Jepara, soearamoeria.com-Pengasuh Pesantren Az-Zahra desa Sekuro kecamatan Mlonggo kabupaten Jepara, KH Nur Kholiq Ma’ruf meninggal dunia pada usia 60 tahun Sabtu (20/7) malam. Jenazah dikebumikan di makam desa Sekuro sehari berikutnya Ahad (21/7) siang. Sebelum almarhum dikebumikan tampak ratusan pentakziyah memadati kompleks Pesantren Az-Zahra.

Juga beberapa kiai yang turut hadir diantaranya Habib Ahmad Muthohar, KH Ali Khafidz Al-Khafidz, KH Kamil Majid Maimun Zubair, KH Hudun dan masih banyak lagi.  

Perwakilan Shohibul Musibah yang disampaikan KH Makmun Abdullah Hadziq mengatakan agar keluarga yang ditinggalkan almarhum tetap tabah. Yang terpenting bagi Kiai Makmun keluarga bisa melanjutkan perjuangan orang tua.

KH Ahmad Thoifur sebelum memimpin tahlil mengungkapkan Kiai Kholiq pernah nyantri di Sarang dan ngaji dengan Syekh Abuya Maliki di Mekah 17 tahun dan wafatnya pada bulan ramadhan. “Maka tidak perlu disaksikan lagi baik atau buruknya. Jelas Kiai Kholiq merupakan orang yang baik,” tegasnya.  

H Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara yang turut hadir menghaturkan ungkapan bela sungkawa karena Jepara kehilangan tokoh yang memperjuangankan agama terbukti dengan berdirinya pesantren, SMP dan SMK Az-Zahra.

Karena itu Marzuqi berharap dalam waktu dekat akan muncul tokoh yang akan menggantikan almarhum. “Semoga pengganti almarhum sejajar dengan beliau dan maksimal lebih baik lagi daripada almarhum,” harapnya. (Syaiful Mustaqim)
KH Nur Kholiq Ma'ruf Pengasuh Pesantren Az-Zahra Tutup Usia KH Nur Kholiq Ma'ruf Pengasuh Pesantren Az-Zahra Tutup Usia Reviewed by Syaiful Mustaqim on 19:20:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.