Lembayung Production: Jadikan Situs Kalinyamat Prasasti!


Jepara-Pegiat seni budaya Lembayung Production bersama Wakil Bupati H Subroto, Camat Kalinyamatan Kustanto dan Petinggi Kriyan Suaib Rizal belum lama ini mengunjungi salah satu situs Kalinyamat, Sitinggil yang berada di belakang SMA Islam Sultan Agung Kriyan Kalinyamatan Jepara.


Dari obsrvasi singkat tersebut, salah satu pegiat Lembayung Ahmad Kholas Syihab menyatakan situs Sitinggil yang merupakan gundukan tanah yang agak tinggi (siti inggil, red) membuktikan, dulu di tempat tersebut merupakan salah satu letak kerajaan Kalinyamat. “Sehingga kerajaan Kalinyamat bukan sekadar legenda tetapi fakta,” jelasnya.

Di desa tersebut, juga masih tersimpan di rumah warga, batu gilang. “Batu ini awalnya kecil lambat laun kian membesar. Konon, batu ini pernah diambil orang namun tiba-tiba bisa kembali ke tempat semula,” tambah Syihab.

Lebih lanjut Syihab, Ketua KMJS Cabang Unissula Semarang tersebut berharap situs yang belum mendapat perhatian dari pemerintah dibersihkan. Menarik lagi, jika dibuatkan prasasti atau monumen. “Dengan itu kelak anak-anak cucu kita tidak lupa dengan sejarah,” tegasnya.

Wakil Bupati Jepara, H Subroto menyatakan pihaknya bangga ada sekelompok anak muda yang nguri-nguri budaya. Yakni tradisi pesta Baratan yang diselenggarakan setiap Nisfhu Syakban, 15 hari menjelang Ramadhan di desa Kriyan dan sekitarnya.

Senada dengan Syihab, pihaknya rencanya akan rencananya akan merealisasikan pembuatan prasasati dan monumen penemuan-penemuan tentang kerajaan Kalinyamat. (Syaiful Mustaqim)
Lembayung Production: Jadikan Situs Kalinyamat Prasasti! Lembayung Production: Jadikan Situs Kalinyamat Prasasti! Reviewed by Syaiful Mustaqim on 07:45:00 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.