Mengobarkan Bara Api Pancasila - Soeara Moeria

Breaking

Thursday, 7 November 2019

Mengobarkan Bara Api Pancasila

Pancasila
Judul Buku : Pendidikan Pancasila 
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penerbit : BASKARA MEDIA 
Tahun terbit : Juli, 2018
Cetakan : 1
Jumlah Halaman : xii + 382 Halaman
Reviewer : Aurora Harfiyah Nuraini, mahasiswi Universitas Islam Malang

Mata kuliah Pancasila sangatlah penting untuk mengetahui dan memperkuat pengetahuan umum tentang Pancasila, juga mampu memberikan implikasi positif bagi kehidupan masyarakat yang lebih baik dengan meningkatnya pengamalan nilai-nilai pancasila sebagai landasan utama dalam bermasyarakat. 

Pancasila merupakan dasar negara, sebagai  ideologi bangsa yang berasal dari nilai-nilai budaya dan agama yang ada di Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia untuk mengatur seluruh aktivitas kegiatan bermasyarakat, dalam berbangsa dan bernegara, yang dimana terdapat norma-norma dan etika untuk berinteraksi dengan masyarakat yang berpedoman terhadap Pancasila. Bangsa Indonesia memiliki akar budaya dan religi yang kuat dan tumbuh sejak lama dalam kehidupan masyarakat. Ketika pengembangan ilmu tidak sesuai dengan ideologi bangsa, sama halnya dengan membiarkan ilmu berkembang tanpa arah yang jelas. 

Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang sudah mencapai kemajuan yang pesat sehingga kehidupan manusia mengalami perubahan yang luar biasa. Pengembangan IPTEK pasti tidaklah lepas dari situasi yang ada di sekitar lingkupnya, artinya IPTEK selalu berkembang dalam suatu budaya.
Kelebihan :
Buku Pendidikan Pancasila ini menggunakan bahasa yang mudah dipahami tetapi tetap teratur dalam tata bahasanya dan memberikan penjelasan pada beberapa kata yang sulit dipahami.
Buku Pendidikan Pancasila ini mencantumkan dalil-dalil Al-Qur’an yang mana menjadi lebih memperkuat penjelasan.
Buku Pendidikan Pancasila ini memberi pengetahuan lebih tentang Pancasila untuk mengembangkan kepribadian.

Kekurangan : 
Dalam Buku Pendidikan Pancasila ini tidak terdapat rangkuman pada setiap akhir bab, sehingga pembaca susah menemukan intisari dari materi per bab nya.

No comments:

Post a comment