Baca Kitab Metode Ibtidai, Program Unggulan MTs Nurul Islam Jepara - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 08 Januari 2016

Baca Kitab Metode Ibtidai, Program Unggulan MTs Nurul Islam Jepara



Metode Ibtidai Program Khusus MTs 

Jepara, soearamoeria.com
MTs Nurul Islam desa Kriyan kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara setengah tahun ini sedang merintis program unggulan Baca Kitab. Sebelumnya madrasah dengan 250an siswa juga mempunyai program unggulan Kaligrafi yang sudah berjalan sejak tahun 2006. (Baca: Metode Ibtidai, Cara Belajar Kitab Kuning dengan Mudah)

Mata pelajaran baca kitab dimasukkan dalam muatan lokal. Saben Minggu siswa memperoleh materi 2 jam pelajaran dengan materi kitab Tijan Addurari metode Ibtidai.

Program yang baru berjalan semester ganjil kemarin awalnya menuai pro kontra. Karena banyak yang menganggap siswa takut dengan kitab kuning. Tetapi karena diajar guru dengan metode santai sehingga bisa diterima murid dengan baik.

Selama sepekan guru yang mendampingi mapel Baca Kitab Abdul Rohman, A. Jamaludin dan M. Nidhom. Sebelum pelajaran siswa mendawamkan syiir rumus makna gandul. Setelah itu menyimak kitab yang sudah bermakna gandul. Jika sudah siswa diminta membaca satu per satu. Sesudah itu baru membaca kitab tijan tanpa makna.

Meski belum genap setahun, program penguasaan kitab klasik ini menurut Waka Kesiswaan, Abdul Rohman sebanyak 50% siswa sudah berani membaca kitab gundul.

“Kendalanya siswa yang kurang IQ susah menerima materi. Hal itu madrasah menempuhnya dengan pelajaran tambahan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu yakni Baca Tulis Al-Qur’an (BTA),” tambahnya.

Untuk mengetahui hasil program Kamis (17/12) melaksanakan Class Meeting Cabang Baca Kitab dan Unjuk Baca Kitab saat Pembagian Rapot, Sabtu-Ahad (19-20/12). Tiga siswa yang akan praktik baca kitab gundul Khoirul Anam (VII A), Ika Nurfiana Rahma (VIII A) dan Sumayah (IX B).

Lelaki yang kerap disapa Maman itu menjelaskan mapel Baca Kitab bertujuan untuk mengembangkan baca kitab. Usai siswa lulus yang mempunyai keinginan mondok bisa diteruskan karena sudah memiliki bekal. (Simak juga: Ingin Tahu Mengajar Kitab Metode Ibtidai? Ini Langkah-langkahnya)

Di samping itu, dulu KH Mudhoffar Fatkhurrohman merupakan salah satu guru di lingkungan di MTs Nurul Islam. “Mbah Mudhoffar merupakan pengarang Syiir Rumus Makna Gandul kemudian dibikinlah kitab metode Ibtidai,” imbuhnya.

Ia berharap program itu semakin berkembang dan terus ada di MTs Nurul Islam. (qim)



-----------------------------------

Jika anda ingin mengoleksi kitab Metode Ibtidai silakan hubungi 
085 640 033 625 (SMS/ WA)

-------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar