Menumbuhkan Nasionalisme Generasi Muda

Ilustrasi : Google

Nasionalisme-Sahabat Soeara Moeria,  masih ingat  pelajaran sejarah Indonesia,  atau PPKN, tentang organisasi Boedi Oetomo? Organisasi  yang pertama kali ngajarin tentang pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa untuk meraih kemerdekaan Indonesia. Pesan moral dari  organisasi Boedi Oetomo  adalah pentingnya kita, terutama generasi muda nih memiliki  jiwa nasionalisme. Sehingga  kita merasa  kuat dan memiliki  negeri ini, sehingga tak mudah untuk diadu domba atau  malah dijajah lagi.

Indonesia sudah merdeka selama 70 tahun. Tapi  belakangan ini kok  banyak  yang bilang kalo jiwa nasionalisme semakin luntur di kalangan anak muda. Bener gak sih, bro?  Padahal sebagai  generasi  muda sebenarnya banyak banget yang  bisa kita lakuin  untuk mempertebal semangat   nasionalisme kita. Sahabat Soeara Moeria  bisa ngelakuin beberapa   hal di bawah ini.

1.       Bangga sebagai bangsa Indonesia
Yups, perasaan bangga akan mendorong kamu untuk lebih mencintai negerimu tanah tumpah darahmu. Salah satu wujud kebanggaan adalah biasain deh kamu berbahasa Indonesia  yang  baik dan benar. Gak dilarang tuh kamu bisa cas-cis-cus bahasa Inggris, Perancis,  Jerman atau Mandarin, tapi  bahasa Indonesia kamu kudu bagus!

2.       Mempelajari dan tahu sejarah Indonesia
Kamu tahu gak sejak kapan bangsa ini memakai nama Indonesia? Kamu tahu gak siapa yang ngibarin bendera Indonesia pertama  kali? Kamu tahu  berapa jumlah pulau di Indonesia? Setidaknya kalau ada bule nyasar dan  bertanya  kamu bisa ngejawab kamu hepi kan? Sebaliknya kalo kamu bingung, so...bule pasti tambah bingung!

3.       Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu perjuangan
Lagu Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan dan hukumnya setiap warga Negara Indonesia wajib bisa menyanyikannya. Tapi jujur  aja,  ada kan  Sahabat  Soeara Moeria yang bisa nyanyiin lagu Indonesia Raya tapi gak tahu  berhenti di mana atau malah liriknya terbolak-balik?

Mulai  sekarang  belajar deh nyanyiin  lagu Indonesia  Raya secara benar. Sedikit fals gak apa-apa, yang penting  liriknya gak amburadul. Gak ada yang melarang kamu hapal di luar kepala lagu grup band  A  sampai  Z, tapi kamu  kepala kamu kudu  hapal lagu kebangsaan,  juga  lagu perjuangan  Indonesia  ya!

4.       Bisa salah satu kesenian asli Indonesia
Ngomingin keseniah Indonesia pastinya  banyak banget, dari Sabang sampai Merauke. Mulai lagu, kerajinan,  musik, tarian dan yang lainnya. Kalau kamu  misalnya nih  bisa nariin   tari Piring atau Tari Saman,  mbatik, nabuh gamelan,  atau   bikin ukiran Jepara, berarti kamu keren. Karena kamu generasi muda  bersemangat nasionalisme tinggi. Langkahmu  merupakan trendsetter dan perlu deh diikutin   yang lainnya.

5.       Bangga memakai produk dalam negeri
Jangan malu  memakai produk Indonesia. Salut deh buat kamu-kamu yang  sekarang gak gengsi  lagi memakai batik. Batik tuh keren. Bukan jamannya lagi cuma dipakai bokap  buat kondangan. Kamu bisa gunain untuk pesta,  pensi atau wisuda loh!

6.       Menjaga persatuan dan  kesatuan bangsa
Indonesia emang  terdiri dari beraneka ragam suku, budaya, agama, bahasa dan yang lainnya. Tapi seperti semboyan bangsa  kita. Bhinneka Tunggal Ika. Biar berbeda-beda  tapi kita tetap satu: Indonesia.  So, sebagai generasi muda yuk kita  pererat  persatuan  dan kesatuan. Jangan mudah  terprovokasi pihak-pihak gak  bertanggungjawab yang ingin  menghancurkan Indonesia! Jangan mudah tawuran hanya karena berbeda sekolah, padahal bukankah kita sama-sama anak sekolah? Pelajar penuh harapan, generasi muda penerus bangsa  Indonesia tercinta  ini?

Oke,  Sahabat Soeara Moeria,  semuanya  sudah saatnya kamu sebagai generasi penerus mempertebal jiwa dan semangat nasionalisme di dadamu. Karena masa depan dan kemakmuran negeri Indonesia ini ada di tangan kalian. Kalian udah siap kan menerima tongkat estafet kepemimpinan? Jangan bilang gak deh? Semangat  Nasionalisme?  Biarkan semakin mengakar kuat  dan melekat erat di dadaku, juga di dadamu, guys! (Kartika Catur Pelita/ qim)
Menumbuhkan Nasionalisme Generasi Muda Menumbuhkan Nasionalisme Generasi Muda Reviewed by Syaiful Mustaqim on 04:57:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.