Maleman untuk Menggapai Lailatul Qadar - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 08 Juli 2015

Maleman untuk Menggapai Lailatul Qadar

Foto: Google

Doa Lailatul Qadar-Maleman atau Likuran merupakan manifestasi dari Asrul Awahir (10 hari terakhir Ramadhan). Di kampung pada saat Maleman atau Likuran baik di musholla, langgar dan masjid dilaksanakan ibadah shalat sunah, dzikir dan mujahadah dalam rangka untuk menggapai lailatul qadar. Sebab beribadah semalam di waktu ini pahalanya seperti beribadah 1000 bulan.

Apalagi para Imam sepakat datangnya lailatul qadar adalah di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Imam Khanafi sepakat datangnya Asrul Awahir di tanggal ganjil 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadhan. Sedangkan Imam Malik menyatakan bahwa lailatul qadar tidak hanya di Ramadhan saja di bulan-bulan lain juga terdapat malam seribu bulan ini.

Untuk menggapai lailatul qadar pada 10 hari terakhir atau khusus tanggal-tanggal ganjil bisa menunaikan shalat sunnah dan memperbanyak dzikir dan istighotsah.

1.    Shalat Tasbih
Shalat tasbih dilaksanakan 4 rekaat. 2 rekaat salam. Pada 2 rekaat pertama setelah surat Al-Fatihah rekaat pertama membaca surat At Takatsur. Rekaat berikutnya mendaras surat Al Ashr. Dua rekaat berikutnya setelah Al Fatihah membaca surat Al Kafirun. Pada rekaat kedua membaca surat Al Ikhlas. Setelah takbir membaca Al Fatihah dan ayat lain membaca tasbih subhanallah wal hamdulillah wala ilaha illallah wallahu akbar sebanyak 15 kali. Untuk setelah melakukan gerakan lain membaca tasbih sepuluh kali.  

2.    Shalat Hajat
Shalat ini dilaksanakan 2 rekaat salam. Rekaat pertama setelah Al Fatihah membaca surat Al Kafirun. Rekaat berikutnya membaca surat Al Ikhlas.

3.    Zikir, Istighotsah dan Doa
Sebelum berdoa alangkah lebih baiknya memperbanyak zikir, istighotsah. Setelah itu baru memanjatkan doa kepada yang maha Esa agar segala hajat kita dikabulkan Allah SWT.

4.    Sholat dan Doa Lailatul Qadar
Shalat lailatul qadar ditunaikan 2 rekaat. Setelah membaca Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas 7 kali. Adapun untuk doa lailatul qadar dengan memperbanyak bacaan Astaghfirullah waatubu ilaihi 70 kali dan Allahumma innaka afwun karim tuhibbul anna fa’fu anni 10 kali. (qim)

Bacaan terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar