Energi Alternatif dari Daun Belimbing Wuluh


Jepara, soearamoeria.com
SMK Fadlun Nafis Bangsri bisa dikatakan sekolah kejuruan baru di kabupaten Jepara. Sebab tahun pelajaran 2013/2014 baru membuka penerimaan siswa baru.

Meski umur sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Fadlun Nafis ini belum genap setahun belum lama ini menemukan penelitian yang patut diacungi jempol.

Ialah Asifatun Hidayah dan Desi Wulan Sari (X Farmasi) serta Aghnia Norfa Nafisah dan Ahmad Yusuf Alfianto (X TPHP) lewat penelitiannya berjudul “Pemanfaatan Daun Belimbing Wuluh sebagai Energi Alternatif” berhasil menemukan baterai yang mati bisa dihidupkan kembali dengan menggunakan daun belimbing wuluh.

Sebab daun belimbing wuluh yang banyak ditemukan di Indonesia mengandung elektrolis sel volta yang mengandung asam. Kandungannya terdiri dari tanin, sulfur, asam format dan peroksida.

“Asam format yang berekasi menghasilkan peroksida dan sulfur kemudian menghasilkan sulfat,” kata Asifa siswi X Farmasi.

Asifa menjelaskan sifat asam sulfat bererektrolit kuat sehingga menghasilkan arus listrik.

Arus listrik dari belimbing wuluh itu kemudian diuji cobakan pada baterai yang mati. Caranya, baterai yang mati dikeluarkan karbonnya kemudian ambillah daun belimbing dari pohon. Lalu tumbuklah daun dengan mortir dan stamper. Untuk baterai ukuran A2 membutuhkan 3-4 gram daun. 

“Setelah ditumbuk masukkan daun kedalam mulut baterai. Agar rapat tutup lakban pada mulut baterai,” sambungnya.

Saat batu disambungkan pada lampu Led bisa menyala dengan tegangan batu 0.8 volt. Hasil penelitian yang hanya dilakukan dalam 5 hari itu akhirnya menjadi juara LKTI remaja yang diselenggarakan University Expo (Uniex) 2015 pada 24-26 Januari lalu.

Ditemui soearamoeria.com, Akhmad Efendi selaku Kepala SMK Fadlun Nafis memberikan apresiasi peserta didiknya yang telah mewujudkan penelitian tersebut. Kedepan pihaknya akan terus berinovasi dalam hal lain.

“Harapannya penelitian yang dilakukan bermanfaat untuk sekolah serta masyarakat luas,” harap Efendi. (qim) 
Energi Alternatif dari Daun Belimbing Wuluh Energi Alternatif dari Daun Belimbing Wuluh Reviewed by Syaiful Mustaqim on 19:36:00 Rating: 5

2 comments:

  1. Wah kalau begitu daun blimbing wuluh sangat berpotensi sebagai bahan alternatif energi terbarukan ki...ayo bagi para peneliti material silahkan bisa diteliti efisiensinya.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.