Pesantren Ramadhan, Bentuk Karakter Peserta Didik

Jepara, soearamoeria.com-Kegiatan Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan di SMPN 1 Welahan, Jepara bekerjasama dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU kecamatan Welahan, Jepara, Senin-Rabu (29-31/7) kemarin merupakan wahana pembentukan karakter peserta didik. Hal itu dilontarkan Fawaid S.Ag selaku guru agama SMPN 1 Welahan.

Menurutnya, pembentukan karakter itu merupakan respon IPNU-IPPNU terhadap situasi dan kondisi dimana pemuda saat ini sudah melenceng jauh dari kodrat kepemudaannya. Juga mudahnya terpengaruh dengan keadaan zaman yang penuh sensasional. “Kami selaku guru Agama mendukung kegiatan positif IPNU-IPPNU. Semoga tahun depan kegiatan akan lebih baik dan tentunya lebih meriah lagi,” harap Fawaid.

Ketua PAC IPNU Welahan, M Anis Fahmi mengatakan kegiatan bertujuan untuk melatih kader IPNU-IPPNU mengajar. Sedangkan untuk siswa sebagai pendalaman materi keagamaan. Disamping itu, tujuan lain sebagai wahana sosialisasi IPNU-IPPNU kepada siswa. “Kegiatan ini juga merupakan media sosialisasi IPNU-IPPNU kepada pelajar SMPN. Sehingga, kedepan mereka tertarik dan bergabung dengan IPNU-IPPNU,” cetusnya.

Selama 3 hari peserta didik menerima materi Fiqhus Shiyam (fiqih puasa),Tajwid dan keorganisasian. “Materi disampaikan bergantian mengingat peserta yang begitu banyak. Kelas VII 200 anak lebih, kelas VIII 150 anak dan kelas IX 140 anak didik,” tambah Fahmi.

Ia menambahkan siswa dibagi 2 kelompok. Kelompok I dipegang Fahrudin dan kelompok II Zainal Muttaqin. Setiap kelompok didampingi 10 fasilitator yang telah ditentukan PAC IPNU-IPPNU Welahan. (Syaiful Mustaqim)
Pesantren Ramadhan, Bentuk Karakter Peserta Didik Pesantren Ramadhan, Bentuk Karakter Peserta Didik Reviewed by Syaiful Mustaqim on 22:17:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.