“Bagaimana Agar Aktor Tidak Demam Kamera?”

Jepara, soearamoeria.com-“Bagaimana agar seorang aktor tidak demam kamera,” tanya Ahmad Rafi seorang sineas dari desa Langon bertanya kepada 3 aktor senior Alex Komang, Yati Octavia dan Yenny Rachman. Pertanyaan itu muncul dari salah satu peserta Workshop Film bareng 3 aktor senior. Kemudian ketiga aktor menjawab pertanyaan secara bergantian.

Yenny Rachman, perempuan kelahiran 18 Januari 1959 mengatakan agar tidak demam kamera, seorang aktor harus menghafal dialog dan memahami karakter yang akan diperankan. Sedangkan untuk menguasai karakter aktor, wanita berdarah Aceh-Tionghoa itu bisa dipelajari dari membaca skenario.

Yati Octavia juga menjawab pertanyaan yang sama, seorang aktor kata aktris senior era 80-an itu harus tampil percaya diri (PD). “Saat melakukan akting ibaratkan saja seperti dalam tidak keadaan tidak sadar sehingga akan menjiwai peran,” jawab istri Pangky Suwito.

Yati menambahkan seorang aktor saat akting juga dimisalkan sedang menjalani kehidupan sehari-hari. Sementara itu, Alex Komang, aktor senior asal Jepara yang merupakan murid Teguh Karya di Teater Populer saat belajar peran disuruh berjalan gurunya.

Tes tersebut, terang lelaki berusia 51 tahun itu agar ia konsentrasi dan fokus. Demikian salah satu sesi Tanya jawab peserta kepada 3 aktor yang diselenggarakan di pendopo Kabupaten Jepara, Jum’at (19/4) siang.

Alex Komang yang juga ketua Yayasan Swara Kita Foundation mengungkapkan Workshop yang sangat singkat tersebut memang belum mengena. Meski demikian Syaiful Nuha—nama asli Alex Komang menyatakan kepada peserta yang hadir siap hadir kembali memberikan workshop perfilman agar lebih intens dan mengena. (qim)
“Bagaimana Agar Aktor Tidak Demam Kamera?” “Bagaimana Agar Aktor Tidak Demam Kamera?” Reviewed by Syaiful Mustaqim on 21:47:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.