6 Tips Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 08 Maret 2024

6 Tips Khatam Al-Qur’an Selama Ramadan

Baca al-quran, menyinari hati (Foto: merdeka.com)

Salah
satu amalan sunah di bulan Ramadan ialah memperbanyak membaca al-qur’an. Semakin banyak membaca kalam Allah kesempatan untuk mengkhatamkan al-qur’an semakin banyak. Dilansir dari Detik Jabar ada enam tips agar bisa khatam al-qur’an selama bulan Ramadan. 


1. 1 Juz 1 Hari 

Al-qur’an terdiri dari 30 juz sehingga dibagi 1 hari 1 juz. Dalam 1 juz panjangnya berbeda-beda ada yang panjang ada yang pendek. Sehingga untuk membaca 1 juz sehari waktunya bisa disesuaikan pribadi masing-masing. 


2. 1 Hari 11 Lembar

Dilansir dari halaman Kemenag jumlah halaman pada mushaf alquran berbeda-beda. Misalnya mushaf alquran yang diterbitkan Kemenag dengan tebal 604 halaman. Agar bisa khatam alquran maka setiap hari harus membaca 21 halaman atau 11 lembar.

 


3. 1 Juz Saat Salat 5 Waktu

Jika Anda merasa berat untuk memenuhi 1 juz 1 hari bisa juga dibagi pada saat menunaikan salat 5 waktu. Misalnya 1 juz terdiri dari 10 lembar maka Anda bisa membagi 2 lembar setiap selesai salat. 


4. 14 Ayat Sebelum dan Sesudah Salat 

Agar terasa lebih mudah Anda bisa membagi bacaan menurut jumlah ayat. Misalnya juz pertama terdiri dari 286 dalam surat al fatihah dan al baqarah. Maka bisa dibagi ke dalam lima waktu salat. 


5. Membaca Al-qur’an Sebelum dan Sesudah Salat

Jika tidak memiliki waktu yang banyak maka gunakan waktu 5 menit sebelum dan sesudah salat. 


6. Mengikuti Jadwal Utsman bin Affan RA

Dikutip dari buku Panduan Mudah Khatam Al-Qur’an bahwa Usman bin Affan memiliki strategi dalam mengkhatamkan al-qur’an. Pada malam Jumat beliau membaca al baqarah hingga al Maidah. Malam Sabtu membaca Al An’am hingga Hud, malam Minggu membaca surat Yusuf hingga Maryam. Dilanjut di malam Senin membaca Thaha hingga Al Qashash. 


Pada malam Selasa beliau membaca surat al Ankabut hingga Shad, Malam Rabu membaca Az Zumar hingga Ar Rahman. Dan pada malam Kamis beliau mengkhatamkan dengan membaca surat Al Waqiah hingga An Nas. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar