10 Amalan Sunah Penambah Pahala Puasa Ramadan - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 01 Maret 2024

10 Amalan Sunah Penambah Pahala Puasa Ramadan

Berbuka waktu yang ditunggu. (muslim.okezon.com)

Bulan Ramadan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Sebagai bulan yang ditunggu-tunggu menuaikan puasa sebagai kewajiban, seorang yang berpuasa juga perlu memperkaya dengan amalan-amalan sunah. Dilansir dari situs resmi PBNU Online ada 10 amalan sunah yang harus dipelihara selama menunaikan puasa. Amalan-amalan tersebut sebagaimana dijelaskan dalam kitab Nihayah al-Zain fi Irsyad al-Mubtadiin (Darul Fikr, Beirut, Cetakan 1, h.194).


1. Makan Sahur 

Melakukan sahur merupakan amalan berpahala di bulan Ramadan meskipun hanya setegur air. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Rasulullah SAW yang artinya; bersantap sahurlah kalian, karena sahur itu ada keberkahan. (HR al-Bukhari)


2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Amalan berikutnya adalah menyegerakan berbuka sebelum menunaikan salat Magrib. Saat pertama berbuka sunahnya dengan memakan kurma. Jika tidak ada hendaknya dengan air. Hal ini berdasarkan sabda Rasulullah jika ada salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab air itu menyucikan. (HR Abu Dawud)

 

3. Membaca Doa Berbuka Puasa 

Adapun doa berbuka puasa Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika 'alaika tawakkalatu, dzahabadzh dzhama-u wabtalatil-'uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah. Ya wasi'al-fadhli ighfirli alhamdulillahilladzi hadani fashumtu, wa razaqani fa-afthartu


4. Mandi Besar 

Mandi besar dari junub, haid, atau nifas dilakukan sebelum terbit fajar agar bisa menunaikan puasa dalam keadaan suci. 


5. Menjaga Lisan 

Menjaga lisan dari perkara yang tidak berguna apalagi perkara haram seperti berbohong dan mengumpat. Sebab semuanya akan menggugurkan pahala puasa. 


6. Menghindari Hal yang Tidak Sejalan dengan Hikmah Puasa 

Umat Islam dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa seperti berbuka puasa sampai perut kekenyangan atau melakukan sesuatu yang bertujuan untuk memuaskan nafsu. 


7. Memperbanyak Sedekah

Orang yang berpuasa hendaknya mempebanyak sedekah kepada sesama terutama sedekah makanan ata minuman untuk berbuka puasa. 


8. Memperbanyak Iktikaf

Melakukan iktikaf di masjid sebaiknya dilakukan selama satu bulan penuh. Tetapi jika tidak bisa maka diutamakan sepuluh hari pada bulan Ramadan.


9. Memperbanyak Membaca Alquran

Selama bulan Ramadan paling tidak bisa mengkhatamkan satu kali. Jika semakin banyak semakin baik sebagaimana dianjurkan oleh Ulama. 


10. Istikamah dalam Beribadah

Umat Islam harus konsisten dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan. Amalan-amalan sunah yang dikerjakan saat Ramadan sebaiknya juga diteruskan di bulan-bulan berikutnya. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar