Cara Sederhana Melakukan Self Love - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 24 November 2023

Cara Sederhana Melakukan Self Love

Self love. (Foto: noice.id)

Self love merupakan seni mencintai dengan menerima dan berdamai dengan diri sendiri. Dengan melakukan self love bisa membantu dirimu menjalani kenyataan dengan lebih baik. Membuatmu bisa lebih produktif. Self love di sini bukan berarti egois akan tetapi mencintai, mengenali, menerima, menyayangi diri sendiri sebelum melakukan kepada orang lain.


Dampak negatif tidak melakukan self love yaitu kurangnya percaya diri mengakibatkan meremehkan kemampuan diri sendiri, merasa tidak berharga, dan merasa tidak berdaya. Memiliki pikiran yang negatif dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mental, hubungan dengan orang lain, pertumbuhan  yang tidak optimal, dan kesehatan fisik.


Orang dengan pikiran negatif cenderung mengalami tingkat kecemasan, depresi, dan perasaan tidak berharga yang lebih tinggi. Selain itu, pikiran negatif sering kali menyebabkan tingkat stres yang lebih tinggi, yang dapat berdampak signifikan pada tubuh.


Dampak negatif lain dari sikap negatif termasuk mempengaruhi kejiwaan, merusak kesehatan tubuh, hilangnya kepercayaan orang lain, dan selalu merasa tidak puas atas pencapaian diri.


Sering berprasangka buruk pada diri sendiri juga dapat memiliki dampak negatif, seperti sering menghakimi diri sendiri, selalu merasa tidak puas, membandingkan diri dengan orang lain. Bisa pula berdampak serius ke penyakit mental seperti kecemasan, gangguan kepribadian, depresi dan lain-lain.


Oleh karena itu, penting untuk melakukan self love dengan  afirmasi positif dan menghilangkan pikiran yang negatif. Dengan begitu, apapun keadaannya nanti diri sendiri bisa berpikir positif meskipun dalam keadaan yang sulit untuk dilalui seperti ketika ada masalah, tantangan, ujian, kegagalan, kekalahan, kekecewaan dan semua hal yang tidak menyenangkan. Diri sendiri adalah nahkoda yang mengendalikan sementara hal-hal di luar kendali seperti pendapat orang lain adalah ombak yang harus ditaklukkan dan diterima. Berikut cara sederhana melakukan self love:


1. Mengenali diri 

Temukan apa saja kelebihan dan kekuranganmu. Itu akan membantumu menemukan potensi dalam diri sehingga bisa mengembangkan apa yang bisa kamu lakukan. Memahami dan menerima perasaan, pikiran, pengalaman.


2. Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan segala masa lalu, keadaanmu sekarang akan membantu untuk bertumbuh. Lepaskan emosi negatif yang menghampiri, terima masa-masa sulit yang memberikan kenangan buruk, terima semua itu.


3. Fokus 

Fokus ke apa yang bisa kamu lakukan seperti mengelola emosi ketika berhadapan dengan orang lain. Biarkan hal-hal di luar kendalimu  seperti ucapan negatif, kata-kata yang menjelekkan potensi dirimu menjadi acuan untuk sukses bukan menjadi alasan untuk menyerah.


4. Bersyukur 

Dengan bersyukur akan membuat perasaan lebih lega, menikmati segala nikmat Allah yang begitu banyak. Hembusan napas yang dikasih gratis dan kesempatan untuk hidup. Melatih diri untuk selalu bersyukur dalam keadaan apapun entah suka maupun duka akan membantu diri lebih mudah dalam menyelesaikan tantangan hidup yang biasanya disebut masalah.


5. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Percayalah, semua orang memiliki porsi masing-masing yang telah diberikan oleh Allah. Proses orang itu beda-beda. Tidak apa-apa prosesmu lebih lama daripada yang lain. Asal kamu terus berusaha tidak berhenti sampai mimpimu tersebut akan ada hasilnya meskipun memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar.


Dengan melakukan self love kamu bisa menerima semua hal yang ada dalam dirimu entah itu menyenangkan ataupun mengingatkan akan kesedihan. Kamu bisa bangga terhadap dirimu sekarang dan hidup dengan penuh penerimaan dan kesabaran dalam menghadapi kenyataan. (Zulfa Wafirotul Khusna/09)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar