Wisuda II Ma'had Aly TBS, Hartopo: Takhasus Falak, Keilmuan Langka di Indonesia - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 18 September 2023

Wisuda II Ma'had Aly TBS, Hartopo: Takhasus Falak, Keilmuan Langka di Indonesia

Ma'had Aly TBS mewisuda 18 wisudawan. 

Kudus, soearamoeria.com – Ma’had Aly Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus mewisuda sebanyak 18 wisudawan, belum lama ini. Wisuda II tersebut dilangsungkan secara sederhana di kompleks Gedung Serba Guna (GSG) TBS. 


Upacara wisuda dihadiri jajaran masyayikh dan pengurus Yayasan TBS Kudus, antara lain KH. M. Ulil Albab Arwani, KH. Hasan Fauzi Maskan, KH. M. Arifin Fanani, KH. Ahmad Arwan, KH Nur Badi MM, KH. Ahmadi Abdul Fattah, KH. Hasan Bisyri Maskan, KH. M. Hilmy, KH. Ahmad Faiz, dan Gus Maulana Malikuddin.


Hadir pula pada kesempatan itu sejumlah tokoh, di antaranya Mahrus (kepala Subdirektorat Pendidikan Diniyah dan Mahad Aly pada Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam RI) H. M. Hartopo (Bupati Kudus), H. Nur Said (IAIN Kudus), para kepala tingkatan di bawah Yayasan TBS Kudus, serta kepala madrasah dan pimpinan pondok pesantren sekitar. 


K. Chirzil Ala dalam sambutannya, mengemukakan, para wisudawan tersebut diwisuda berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mudir Ma’had Aly TBS Kudus Nomor: 12/MAALY-TBS/T.5/IX/2023.


“Ada 18 wisudawan pada kesempatan ini, dan sebagai wisudawan terbaik yaitu M. Faqih Taufiq bin Suparjo,” ujarnya di depan wisudawan, wali wisudawan dan tamu undangan yang hadir. 


Adapun judul risalah yang ditulis M. Faqih yaitu ‘Studi Komparasi Hisab Awal Bulan Qomariyah dalam Kitab Al-Mathla’u Al-Sa’iid dengan Ephemeris Hisab Rukyat Kemenag’. 


H. M. Hartopo menyampaikan apresiasi atas kelulusan para wisudawan, yang telah berhasil menyelesaikan studi pada takhasus Ilmu Falak Ma’had Aly TBS Kudus. 


“(Bidang Ilmu Falak) adalah sebuah keilmuan langka di Indonesia. Semoga ilmu yang diiperoleh membawa manfaat dan berkah bagi keluarga, Masyarakat, bangsa dan agama,” katanya. (ro)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar