Pijar dan Perisai Demokrasi Bangsa Siap Awasi Pemilu 2024 - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 31 Juli 2023

Pijar dan Perisai Demokrasi Bangsa Siap Awasi Pemilu 2024

Perisai demokrasi bangsa lakukan audiensi dengan Bawaslu Jepara. 

Jepara, soearamoeria.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jepara menerima audiensi dari Pengawas Partisipatif Jepara (Pijar) yang merupakan bagian dari Pemantau Pemilu Perisai Demokrasi Bangsa di kantor sekretariat Bawaslu, Senin (31/7/2023).


Perisai Demokrasi Bangsa merupakan pemantau pemilu yang telah mendapat sertifikat akreditasi dari Bawaslu Provinsi Jawa Tengah dengan nomor : 0753/PM.00.01/K/JT/05/2023.


Kedatangan Perisai Demokrasi Bangsa yang diwakili Ketua Pijar Rina Ayu Agustina beserta pengurus menyampaikan bahwa pihaknya telah siap membantu Bawaslu untuk ikut serta memantau pengawasan  seluruh tahapan-tahapan Pemilu tahun 2024.


“Kami siap memantau dan mengawasi semua tahapan Pemilu tahun 2024 meliputi tahapan : pencalonan, kampanye, masa tenang, pemungutan dan penghitungan suara sampai pada penetapan hasil,” ungkap Rina.


Ia mengatakan, Pijar memiliki 11 anggota yang terdaftar menjadi pemantau Pemilu melalui Perisai Demokrasi Bangsa di Kabupaten Jepara, sebagaimana tertera pada surat pendaftaran akreditasi pemantau Pemilu tertanggal 27 Mei 2023 yang diajukan oleh Perisai Demokrasi Bangsa. 


“Terdapat 11 anggota di Jepara yang menjadi pemantau Pemilu Perisai Demokrasi Bangsa. Saat ini kami tengah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder pemilu terutama dengan Bawaslu Jepara,” ujarnya.


Sementara itu Ketua Bawaslu Jepara Sujiantoko mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan Pijar dan Perisai Demokrasi Bangsa sebagai pemantau Pemilu di wilayah Kabupaten Jepara.


Ia sangat berharap keberadaan pemantau pemilu ini dapat menambah peran partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipatif.


“Saya berharap Pijar dan Perisai Demokrasi Bangsa dapat berperan aktif dalam melakukan pemantauan terhadap seluruh tahapan Pemilu di wilayah Kabupaten Jepara,” katanya.


Sujiantoko menambahkan Perisai Demokrasi Bangsa ini merupakan pemantau Pemilu kedua yang datang ke Bawaslu Jepara untuk berkoordinasi, setelah sebelumnya Poros Sahabat Nusantara (POSNU). 


Dirinya berharap kedatangan Perisai Demokrasi Bangsa dan POSNU nanti dapat disusul oleh pemantau-pemantau Pemilu lain yang berkoordinasi ke Bawaslu Jepara.


Menurutnya dengan semakin banyaknya pemantau yang ikut serta berpartisipasi dalam pemantauan dan pengawasan pemilu, maka akan semakin berkualitas Pemilu 2024 mendatang.


“Semakin banyak pengawasan partisipatif semakin berkualitas Pemilu 2024,” tandasnya. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar