Kabupaten Batang dan Kota Semarang Juara Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 - Soeara Moeria

Breaking

Minggu, 11 Juni 2023

Kabupaten Batang dan Kota Semarang Juara Duta Bahasa Jawa Tengah 2023

Para pemenang duta bahasa Jateng 2023.

Semarang, soearamoeria.com - Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), menyelenggarakan Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023. 


Kegiatan tersebut diselenggarakan selama tiga hari, pada Jumat-Minggu, (9-11/6/2023) di Hotel Griya Persada, Bandungan, Kabupaten Semarang.


Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Syarifuddin mengatakan bahwa Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, sebagai UPT Kemendikbudristek, mempunyai tiga program prioritas, yaitu penginternasionalan bahasa Indonesia, pelindungan bahasa daerah, dan literasi.


Untuk mencapai program prioritas tersebut, ada tiga strategi yang dilakukan, yaitu fokus, kemitraan, dan keberlanjutan. 


“Oleh karena itu, duta bahasa sebagai mitra kami menjalankan program tersebut harus fokus, bekerja sama dengan pemerintah daerah, dan duta daerah lainnya demi mencapai sasaran penutur bahasa di masing-masing kabupaten/kota, terutama generasi muda,” katanya. 


Setelah terpilih nanti, lanjut Syarifuddin, seluruh finalis akan tergabung dalam Ikatan Duta Bahasa Jawa Tengah (Ikadubas) yang akan menjalankan beberapa program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah secara berkelanjutan.


“Jadi, tugas Ikadubas  tidak hanya sampai di Pemilihan Duta Bahasa Nasional,” jelasnya.


Final Raya Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah 2023 yang telah dimulai sejak 19 Februari 2023 hingga 11 Juni 2023.


Kriteria penilaian mencakupi implementasi krida, wicara publik, kemampuan berbahasa asing dan daerah, diskusi kelompok terpumpun, penampilan bakat, artikel kebahasaan, konten kebahasaan, serta wawancara mendalam. Finalis yang terpilih akan mewakili Provinsi Jawa Tengah dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional. 


Sementara itu, Ketua Panitia Pemilihan Duta Bahasa Jawa Tengah, Dian Respati Pranawengtyas menyatakan bahwa Duta Bahasa Jawa Tengah merupakan mitra Balai Bahasa dalam menggerakkan literasi generasi muda di Jawa Tengah. Siapa pun yang terpilih merupakan yang terbaik dan siap untuk berangkat ke Pemilihan Duta Bahasa Nasional.


“Saya berharap nantinya finalis dapat bermitra untuk melaksanakan program-program Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah,” ujar Dian. (as)


Daftar Pemenang Duta Bahasa Jateng 2023


Pemenang I Putra Tegar Satya Prahara dari Kabupaten Batang 


Pemenang I Putri Jovita Anmaria Cahya dari Kota Semarang 


Pemenang II Putra M.Yusup Febrian dari Kabupaten Brebes 


Pemenang II Putri Amri ‘Inayah dari Kabupaten Kebumen


Pemenang III Putra Ardhi Nur Ikhsan dari Kabupaten Pekalongan 


Pemenang III Putri Mustika Maharani Alamsyah dari Kota Semarang


Pemenang Favorit Putra Afrizal Adi Prayoga dari Kabupaten Sukoharjo 


Pemenang Favorit Putri Dwiana Nur Rizki Hanifah dari Kabupaten Banyumas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar