Membanggakan, Robot Inkubator MTs NU Banat Kudus Raih Bronze Medal - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 21 Februari 2023

Membanggakan, Robot Inkubator MTs NU Banat Kudus Raih Bronze Medal

Robotor MTs NU Banat Kudus raih juara. (Foto: Istimewa)

Semarang, soearamoeria.com - Siswa MTs NU Banat Kudus kembali meraih prestasi di ajang bergengsi Semarang Robotic Games 2023 yang digelar International Youth Robot Association (IYRA) di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang pada Selasa (21/2/2023). Dengan mengusung robot yang diberi nama Robotor atau Robot Inkubator, Aisha Kamila Gussaldy berhasil meyakinkan juri dan meraih bronze medal di ajang SRG tersebut.  


Aisha Kamila Gussaldy mengatakan bahwa dirinya menyampaikan presentasi di depan juri tentang robot yang dibuatnya. Robot tersebut diberi nama Robotor atau Robot Inkubator.

 

“Robot ini bisa dimanfaatkan untuk terapi bagi bayi yang menderita bayi kuning. Sensor suhu mendeteksi kurang dari 33° C maka lampu akan hidup. Kalau sensor suhu mendeteksi lebih dari 35° C maka lampu mati,” ujar Aisha, panggilan akrab Aisha Kamila Gussaldy.


Aisha menjelaskan bahwa sensor suara akan mendeteksi suara tangisan bayi dan akan menyalakan speaker. Dia berharap robot ini dapat bermanfaat bagi orang tua yang bayinya mengalami bayi kuning atau ikterik neonatorum. 


“Robot ini juga bermanfaat bagi bayi yang menangis karena dilengkapi dengan sensor suara untuk mendeteksi tangisan bayi. Dengan suara tangisan bayi, orang tua bisa segera menolong sang bayi,” terangnya.


Sementara itu, Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah mengungkapkan bahwa pihaknya terus menggali potensi yang dimiliki oleh siswi-siswinya di MTs NU Banat Kudus. Jika ada siswi yang berminat dan memiliki kemampuan di bidang robotik, guru akan memberikan kesempatan untuk masuk ekstrakurikuler robotik.


“Demikian juga bidang yang lain, seperti riset, olimpiade Matematika, IPA, IPS, Bahasa, dan lain-lain. Kami juga akan mengikutkan siswi-siswi yang dianggap mampu mewakili sekolah untuk berkompetisi di ajang-ajang tertentu, baik tingkat regional, nasional, bahkan internasional,” ungkap Khusomah.


Khusomah mengungkapkan bahwa pihak madrasah menyampaikan terima kasih kepada guru pembimbing dan siswi yang mengharumkan nama baik madrasah MTs NU Banat Kudus. Dia berharap akan lahir siswi-siswi terbaik yang berprestasi di bidangnya masing-masing.


“Alhamdulillah, kami bersyukur sekali atas keutamaan yang Allah berikan kepada madrasah kami. Semoga ke depan capaian prestasi ini lebih meningkat lagi,” ujarnya. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar