Artikel Mahasiswa INISNU Temanggung Tembus Jurnal Scopus Q3 - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 11 Oktober 2022

Artikel Mahasiswa INISNU Temanggung Tembus Jurnal Scopus Q3

Terima penghargaan dari INISNU Temanggung.

Temanggung, soearamoeria.com - Mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung Nur Rira Febriyani mendapatkan penghargaan sebagai wisudawan tercepat studinya dan artikel ilmiah hasil skripsinya berhasil lolos dan diterbitkan pada jurnal internasional terindeks Scopus Quartile 3 (Q3).


Hal itu terungkap dalam Wisuda Sarjana (S1) Ke-XXVIII INISNU Temanggung Angkatan II Tahun 2022 pada Selasa (11/10/2022) di Gedung Pemuda Temanggung saat Rektor INISNU Muh. Baehaqi membacakan pidatonya.


"Di tingkat internasional, tahun ini mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yaitu Nur Rira Febriyani yang hari ini juga diwisuda, ia membuat Game Visual Novel Kizzugemu melalui platform Tyranobuilder yang telah mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual dari Dirjen Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM RI, dan artikel ilmiah hasil skripsinya berhasil lolos dan terbit di Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q3 dengan judul Game Innovation: a Case Study Using The Kizzugemu Visual Novel Game with Tyranobuilder Software in Elementary School," katanya.


Artikel Nur Rira Febriyani ditulis bersama dua dosen pembimbingnya yaitu Hamidulloh Ibda dan Muhammad Fadloli Al-Hakim di Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science Volume 28 No. 1 Oktober 2022.


Dikatakan Rektor, hal ini tentu tidak bisa dicapai semua mahasiswa, karena jurnal terindeks Scopus sangat susah ditembus dan menjadi salah satu syarat dosen menjadi Guru Besar atau Profesor ketika sudah memiliki jabatan akademik Lektor Kepala.


Dalam wisuda tersebut ditetapkan juga wisudawan terbaik yaitu Anisa Rachma Agustina dari Prodi Pendidikan Agama Islam dengan IPK 3,94. Nur Rira Febriyani dan Anisa Rachma Agustina mendapatkan penghargaan dari kampus dan uang pembinaan dari BSI.


Dalam sambutannya, Rektor juga menyampaikan bahwa pada aspek pendidikan, mahasiswa INISNU saat ini semakin bermutu. "Selain dipaksa untuk lulus delapan semester, mahasiswa selain bimbingan, karya skripsinya maksimal similarity (kesamaan) atau tingkat plagiasinya maksimal 35 persen yang dicek melalui aplikasi Turnitin," katanya. 


Sebelum wisuda, lanjut Rektor, mahasiswa juga wajib submit artikel hasil skripsi di jurnal nasional atau internasional. "Maka jumlah artikel hasil riset mahasiswa minimal 1 mahasiswa 1 artikel di luar tugas perkuliahan. Pada aspek publikasi, mahasiswa INISNU sejak 2021-2022 tercatat lebih dari 500 lebih artikel populer mahasiswa terpublikasikan di media massa dan ratusan artikel ilmiah di jurnal nasional dan internasional," lanjutnya.


Dijelaskan Rektor, pada aspek publikasi ilmiah di jurnal ilmiah, prosiding seminar, dan buku, berdasarkan data di Google Scholar tercatat kurun 2021-2022 ada 296 artikel karya dosen dan mahasiswa, dan tercatat 32 Hak Kekayaan Intelektual telah didapatkan dari karya ilmiah, desain inovasi, karya digital, dan lainnya. 


"Tahun 2022 ini, kami ucapkan selamat kepada empat dosen yang telah berhasil publikasi di jurnal internasional terindeks Scopus, yaitu Fatmawati Sungkawaningrum yang artikelnya terbit di International Journal of Professional Business Review Q4, Hamidulloh Ibda, Muhammad Fadloli Al-Hakim dan Andrian Gandi Wijanarko yang artikelnya terbit di Indonesian Journal of Electrical Engineering and Computer Science Q3," katanya.


Rektor juga mengucapkan selamat juga atas diterimanya naskah artikel Asih Puji Hastuti dan Hamidulloh Ibda dengan status Accepted pada jurnal Scopus Q4 yaitu di International Journal of Public Health Science dengan judul Student Academic Stress During the Covid-19 Pandemic: A Systematic Literature Review. Kemudian Moh. Syafi’, Ana Sofiyatul Azizah, dan Hamidulloh Ibda di Jurnal Q2 yaitu International Journal of Electrical and Computer Engineering dengan judul Digital Learning Using Maktabah Syumilah NU 1.0 Software and Computer Application for Islamic Moderation in Pesantren.


Pihaknya mengatakan bahwa dari kesembilan kriteria mutu dan capaian INISNU, tentu masih banyak capaian yang tidak bisa disampaikan satu persatu. "Masih panjang perjalanan kami membawa INISNU sesuai harapan dari masyarakat dan Nahdlatul Ulama. Apalagi, PCNU dan BPP INISNU memiliki target INISNU berubah menjadi Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) pada 2024," tegas dia.


Dalam kesempatan itu, hadir Sekretaris Koordinator Kopertais Wilayah X Ruswan, Ketua LPTNU Jateng Prof. Mudzakkir Ali, Asisten I mewakili Bupati Temanggung, Ketua PCNU Temanggung, Ketua BPP INISNU dan jajarannya, sivitas akademika, wisudawan dan wali wisudawan. (ip)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar