Kelas inspirasi, Bawaslu Motivasi Siswa SMA Walisongo Pecangaan - Soeara Moeria

Breaking

Monday, 25 April 2022

Kelas inspirasi, Bawaslu Motivasi Siswa SMA Walisongo Pecangaan

Kelas Inspirasi SMA Walisongo Pecangaan. (Foto: Ist.)

Jepara, soearamoeria.com - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jepara beri motivasi pada pembekalan pra kelulusan siswa-siswi kelas XII SMA Walisongo Pecangaan Jepara, Senin (25/4/2022). Kegiatan yang bertajuk Kelas inspirasi ini, Bawaslu Jepara memaparkan pentingnya mengasah 3 potensi kecerdasan manusia. 


Anggota Bawaslu Jepara Abd. Kalim mengatakan bahwa setidaknya manusia memiliki 3 kecerdasan berupa Kecerdasan Intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spritual (SQ).


Disadari manusia tentu tidak semuanya memiliki 3 kecerdasan tersebut. Adakalanya kuat intelektualnya tapi lemah emosionalnya, ada yang kuat emosionalnya namun lemah intelektualnya dan kuat spritualnya dan ada pula ketiga kecerdasan itu sama-sama kuatnya. 


“Tidak semua manusia memiliki aspek IQ, EQ dan SQ, untuk itu lembaga pendidikan sekolah tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi kecerdasan anak didiknya,” katanya. 


Lebih lanjut Kalim menyampaikan tentang pengalaman hidupnya sebagai dosen dan anggota Bawaslu tentu 3 potensi kecerdasan itu yang harus diasah, dikembangkan, dan dikuatkan untuk menghadapi tantangan kedepan dalam meraih kesuksesan.


Koordinaator divisi Sumber Daya Manusia ini menambahkan, pemilu dilaksanakan pada 14 Pebruari 2024 dan Pilkada dilaksanakan pada 27 November 2024. Ia juga menjelaskan terkait tugas Bawaslu dalam mengawasi tahapan pemilu dan pilkada tugasnya. Bawaslu bertugas mengawasi, mencegah dan melakukan penangganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. Tugas mengawal demokrasi memastikan  agar pemilu dapat berjalan dengan jujur, adil, bebas dan rahasia menuju pemilu yang bermartabat, berkualitas dan berintegritas. 


Kepada siswa-siswi kelas XII SMA Walisongo Pecangaan itu dia berpesan bahwa menghadapi pemilu dan pilkada ke depan seharusnya menggunakan hak pilihnya dengan baik sesuai pilihan hati nurani, tolak politik uang, hindari berita hoaks dan tolak politisasi SARA.


“Pemilih pemula yang notabene disebut Generasi millenial tentu gunakan hak pilih tanpa pengaruh uang” kata Abd. Kalim.


Sementara itu Kepala SMA Walisongo Pecangaan, Budi Ismail mengatakan tujuan kelas inspirasi untuk membekali peserta didik SMA Walisongo dengan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan tambahan untuk persiapan studi lanjut, masuk ke dunia kerja maupun terjun ke masyarakat 

 

Harapannya lulusan SMA Walisongo mempunyai value added (nilai tambah) sehingga mempunyai daya saing dan mampu berkiprah di masyarakat. “Tujuan kegiatan Kelas Inspirasi ini untuk memberi bekal kepada para siswa-siswi untuk bisa menapaki kehidupan selanjutnya setelah lulus SMA. Siswa-siswi terinspirasi dan berguna bagi masyarakat dan negara pasca lulus," ungkapnya. (ip)

No comments:

Post a Comment