Peduli Semeru, Undip Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Warga Terdampak Erupsi - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 19 Februari 2022

Peduli Semeru, Undip Gelar Pemeriksaan Kesehatan bagi Warga Terdampak Erupsi

 

Pemeriksaan kesehatan bagi warga Sumber Wuluh. (M. Baihaqi)
Lumajang, soearamoeria.com - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) Semarang yang dipimpin dr. Abdul Mughni melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi warga terdampak erupsi Semeru yang dilaksanakan di Balai Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang pada Sabtu (19/2/2022) pagi hingga sore hari. 


Kegiatan yang diikuti oleh 111 warga tersebut didominasi kalangan lansia. Adapun untuk tim medis terdiri dari dokter, perawat, dan dibantu mahasiswa KKN Undip yang sudah berkegiatan sejak 14 Januari lalu. 


Salah satu tim medis dr. Sri Winarni mengatakan untuk keluhan warga saat pemeriksaan sangat beragam. “Mulai dari penyakit degenerative, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), hingga tumor,” katanya. 


Selain itu lanjutnya pihaknya juga melakukan cek kolesterol, asam urat dan gula darah. 


Tim Undip peduli erupsi Seremu. (Foto: M. Baihaqi)

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang, Dr. Bayu mengapresiasi kegiatan tersebut. Sementara itu, Sekretaris Desa Sumber Wuluh, Syamsul Arifin mengucapkan terima kasih kepada Undip yang sudah bersedia hadir di Desa Sumber Wuluh dan mengobati warganya. Ia mewakili warga merasa senang dan berharap kelak di masa mendatang Undip dapat melakukan bentuk pengabdian lain di desanya. 


Pihaknya juga menyampaikan bahwa para warga sedang bangkit kembali terutama pemulihan dari perekonomian yang terpukul karena musibah erupsi Gunung Semeru. "Syukur Alhamdulilah Undip  sudah berperan serta untuk warga kami," ujarnya. 


Giran (95) merupakan salah satu peserta kegiatan pemeriksaan kesehatan. “Kami memeriksakan bapak yang sedang sakit dengan harapan dokter dapat memberi advis. Alhamdulillah sudah dapat obat dan diberi advis untuk kesehatan bapak,” harap putra dari Giran. 


Dr. Hariadi Eko, dari Universitas Lumajang juga turut mengikuti pemeriksaan. “Selain memeriahkan kegiatan Undip, saya juga ingin meyakinkan diri seperti apa kolesterol saya, Alhamdulilah ternyata normal,” pungkasnya. (mb) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar