Perkumpulan Pegiat Sains Madrasah Sukses Gelar IYSLO - Soeara Moeria

Breaking

Senin, 20 Desember 2021

Perkumpulan Pegiat Sains Madrasah Sukses Gelar IYSLO

 

Peserta IYSLO khidmat mengikuti kompetisi. (Foto: Istimewa) 
Semarang, soearamoeria.com - Perkumpulan Pegiat Sains Madrasah (PPSM) terbilang sukses mengadakan Indonesian Youth Science and Language Olympiad (IYSLO) tahun 2021. Pasalnya, kegiatan kompetisi tersebut merupakan kegiatan perdana. Namun, karena semangat tim yang tak kenal lelah membuat peserta yang berpartisipasi mencapai 1250 peserta. Dengan peserta yang mencapai ribuan tersebut, mulai dari Pra pembinaan hingga hari H perlombaan berjalan lancar.


“Semangat diadakannya IYSLO kali ini dalam rangka menyiapkan siswa di tingkat Dasar yaitu siswa SD/MI agar lebih mantab lagi berkompetisi di tahun 2022, khususnya KSN dan KSM 2022. Peserta sangat antusias karena panitia memberikan fasilitas pembinaan pra lomba dan mendapatkan fasilitas pembasan soal IYSLO 2021 yang jarang didapat ketika mengikuti kompetisi dari organisasi selain PPSM,” jelas Mohamad Tafrikan, Ketua Panitia sekaligus Ketua PPSM, Senin (20/12/2021). 


Acara IYSLO terdiri dari 4 bidang yang dilombakan, yaitu: Bidang Matematika, Bidang IPA, Bidang Bahasa Inggris, dan Bidang Bahasa Arab. Setiap bidang terdiri 3 level, yaitu level kelas 4, kelas 5, dan kelas 6. Karena per level, justru banyak yang tertarik, karena soal juga dibuat per level. Adapun respon peserta setelah lomba dapat disimpulkan merespon baik untuk pelayanan panitia dan kwalitas soal.


Dari 199 peserta yang merespon lebih dari 88% menyatakan soal berkualitas baik.  Sementara, lebih dari 90% peserta menjawab puas dengan layanan panitia


Menurut Gadiza Naura Husna dari MI Bait Qur'any DDI Jayapura, pelaksanaan lomba yang tertib sesuai jadwal, serta adanya pendampingan yang memudahkan peserta untuk mengikuti lomba yang sangat baik. 


Komentar lain disampaikan Fadhil Azhar Pratama dari SD Pawyatan Daha Kediri. “Sempat mengalami kesulitan, begitu menghubungi panitia, responnya sangat cepat dan memuaskan.” 


Peserta dari MI Al Islam Krasak Salaman Magelang, Reza Ahmad Zahid mengaku senang bisa ikut lomba tingkat Nasional. Sehingga bisa mengetahui kemampuan akademik dalam bidang mapel yang disenangi. 


Guritno Jibrillyan Astanto asal SD Muhammadiyah 2 Surakarta berkomentar, “keren, soal matematika kelas 4 dan IPA kelas 4nya membuat saya termotivasi untuk berjuang lagi, meskipun saya baru kelas 3 tapi saya mencoba untuk bisa dan terus berusaha.” 


Tafrikan menambahkan mayoritas peserta berharap IYSLO diadakan lagi tahun depan, bahkan diharap panitia mengadakan kompetsisi lebih sering lagi untuk mengasah kemampuan peserta. “Semoga tim panitia siap menjawab harapan peserta di tahun 2022,“ pungkasnya. (sm)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar