Ruang Aksara Meriahkan Hari Kartini dengan Pentas Seni - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 21 April 2021

Ruang Aksara Meriahkan Hari Kartini dengan Pentas Seni

 

TBM Ruang Aksara meriahkan Hari Kartini. (Istimewa)
Jepara, soearamoeria.com – Pelataran Taman Baca Masyarakat (TBM) Ruang Aksara Desa Slagi Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Rabu (21/4/2021) sore tampak ramai. Puluhan anak-anak yang memadati halaman seluas 10 x 25 meter mengenakan kostum tak seperti biasa. Sore itu mereka mengenakan pakaian yang berbeda. Ada yang memakai kebaya, kemeja, maupun kostum ala santri. 


Begitulah sekilas pemandangan kemeriahan Pentas Seni dalam Rangka Hari Kartini. Beberapa pentas yang diikuti anak-anak usia pra sekolah, TK, dan SD meliputi Drama Tradisional, Seni Tari, Kolaborasi Puisi, serta Fashion Show. Kegiatan juga dihadiri orang tua peserta, tokoh masyarakat, dan tamu undangan.


Ketua TBM Ruang Aksara, Shikhkhatul Af'idah mengatakan misi RA Kartini sejalan dengan Ruang Aksara yakni konsen dalam bidang pendidikan utamanya membersamai anak-anak. “Meski kegiatan kami selenggarakan dalam bentuk sederhana tetapi mendapat respon dari orang tua. Mereka mendampingi anak-anak mengikuti kegiatan ini sampai selesai,” katanya. 


Dikatakan, Ruang Aksara merupakan TBM yang terbilang baru di Jepara. Baru dilaunching awal tahun 2020 tepatnya 27 November 2020. Meski begitu pihaknya tak mau ketinggalan dengan TBM-TBM yang lain. “Kegiatan ini juga sebagai refleksi perjuangan tokoh perempuan asal Jepara. Semoga ghirah perjuangan Kartini terpatri di jiwa-jiwa anak-anak, relawan Ruang Aksara, dan masyarakat pada umumnya,” lanjut perempuan yang akrab disapa Sicha ini. 


Pentas seni meriahkan Hari Kartini. (Foto: Istimewa)

Petinggi Slagi, Damam mengapreasi kegiatan tersebut. Sebagai bentuk apresiasi ia meminta pengurus Ruang Aksara melengkapi struktur kepengurusan. Dan pihaknya berencana menganggarkan untuk TBM Ruang Aksara tahun 2023 yang akan datang. 


Dalam kegiatan yang dibarengkan dengan Buka Bersama juga diisi dengan Kultum. Kepala MI Roudlotul Mubtadiin Slagi, Heri Susanto dalam kultumnya juga mengapreasi keberadaan Ruang Aksara. “Ruang Aksara merupakan ruang ilmu pengetahuan. Ruang ini diinisasi oleh kader-kader potensial dan kreatif. Sehingga saya salut dengan keberadaan ruang pengetahuan ini,” jelas Heri. 


Ditambahkan Heri, salah satu kewajiban orang tua kepada anak-anaknya adalah soal pendidikan. “Pendidikan diterima oleh anak-anak kita harus seimbang baik untuk dunia dan akhirat. Siapa yang menginginkan urusan dunia dengan ilmu. Siapa yang menginginkan lancar urusan akhiratnya juga dengan ilmu,” pungkasnya menerjemahkan sebuah potongan hadis.  


Sebelum buka bersama diumumkan juara Fashion Show. Juara 1 atas nama Lana dari SDN 1 Slagi, juara II diperoleh Tata dari MI Roudlotul Mubtadiin Slagi, dan juara III diraih Diva dari SDN 1 Slagi. (sm)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar