Fenomena Sobat Ambyar - Soeara Moeria

Breaking

Wednesday, 8 January 2020

Fenomena Sobat Ambyar

Nimas Niswati
Oleh : Nimas Niswati, Mahasiswa Uiversitas Islam Malang, semester 1,
Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan.

Membahas tentang kaya seni, apa anda sering mendengarkan musik? Gendre apa yang sering anda dengar? Pada zaman sekarang banyak sekali musisi Indonesia yang menciptakan lagu dengan gendre yang berbeda. Banyak sekali gendre musik yang ada di Indonesia seperti pop, rege, jazz, rock, dangdut, dan sebagainya. Pada saat ini, banyak sekali anak muda atau sering disebut anak milenial di Indonesia ini menyukai musik bergendre dangdut. Sebutan anak muda yang saat ini menggemari lagu lagu karya Didi Kempot atau sering disebut sebagai The Godfather of Brokenheart, adalah Sobat Ambyar. Sobat ambyar saat ini di dominasi oleh anak milenial dan sebagian besar dari mereka telah merasakan putus cinta. Mereka mendengarkan lagu lagu dengan tema patah hati karena mereka merasa, jika  lagu tersebut mewakili perasaan mereka yang telah di tinggalkan oleh pasangannya. Seperti lagu yang berjudul Pamer Bojo, Banyu Langit dan sebagaiya.

Sobat ambyar ini bukan hanya berasal dari satu kota, melainkan hampir seluruh anak muda di seluruh Indonesia menjadi sobat ambyar. Bahkan fenomena  sobat ambyar ini bukan hanya di kalangan anak muda saja, melainkan ke berbagai usia, berbagai kalangan, mulai dari yang miskin sampai yang kaya, dari desa sampai ke kota. Mereka sangat menikmati musik dangdut karena, mereka dapat meluapkan perasaan mereka dengan menyanyikan lagu yang sesuai dengan kisah mereka, dengan menggoyangkan badan mereka mengikuti alunan lagu dan gendang. Pada saat ini, mereka yang patah hati sudah tidak mereka rasakan dengan menangis sendiri di kamar, frustasi dengan keadaan, dan lainya, melainkan mereka merasakan patahati dengan alunan musik dangdut dan melupakan patah hati mereka dengan bergoyang.

Seiringan dengan adanya sobat ambyar ini , berkembang pula penyanyi pendatang baru di gendre dangdut saat ini seperti, Guyon Waton, Danny Caknan, Jihan Audy, Dory, dan sebagainya. Lagu lagu merekapun tidak kalah populer dengan lagu senior mereka, seperti lagu Kartoyono Medot Janji yang dipopulerkan oleh Denny Caknan, Korban Janji yang dipopulerkan oleh Guyon Waton, dan sebagainnya. Penyanyi dangdut saat ini juga menciptakan lagu yang bertema patah hati karena ditinggal pasangan mereka atau dari pengalaman teman mereka yang merasa cintanya di khianati. Musisi atau penyanyi dangdut saat ini pastinya mendapatkan efek terkenalnya sobat ambyar ini, mereka sering mendapatkan job, menjadi lebih dikenal oleh semua kalangan.

Dimanapun  penyanyi dangdut berada akan ada sobat ambyar. Fenomena sobat ambyar ini dapat menciptakan euforia tersendiri disetiap penampilan penyanyi tersebut.

No comments:

Post a comment