Pentingnya Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 1 November 2019

Pentingnya Pengamalan Pancasila dalam Kehidupan


Pendidikan Pancasila
Judul : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi 
Penyunting : Hayat dan H. Suratman 
Penerbit : Baskara Media 
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Ukuran : 15 x 23 
Tebal : xii - 382 halaman 
Peresensi : Elly Ira Rayani, mahasiswi Universitas Islam Malang
 
Arus globalisasi memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan warga negara dalam berbangsa dan bernegara. Identitas itu menjadi pemantik dari semakin terkikisnya nilai-nilai pancasila sebagai weltanschauung (pandangan dunia) dan philosphische-grondslag dalam aspek pengalaman dalam kehidupan kita sehari-hari. 

Di samping itu, semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengalaman nilai-nilai pancasila dalam kehidupan. Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan di perguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat akademik dan menjadi kunci dalam pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termasuk dalam sila-sila pancasila. Maka buku yang berjudul “PENDIDIKAN PANCASILA” ini, didalamnya membahas tentang Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Didalam buku ini bab 1 membahas tentang masa kerajaan, masa penjajahan, masa kebangkitan nasional, dan membahas tentang masa pasca kemerdekaan. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman kerajaan Sriwijaya dan Majapahit dimana sila-sila yang terdapat dalam Pancasila itu sudah diterapkan dalam kehidupan masyarakat maupun kerajaan meskipun sila-sila tersebut belum dirumuskan secara konkrit. Menurut kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, Pancasila berarti “berbatu sendi yang lima” atau “pelaksanaan kesusilaan yang lima”.

Bab 2 ini membahas tentang pengertian pancasila dalam perkembangannya serta bagaimana jalananya sejarah istilah pancasila sampai perumusan dan pengesahan pancasila. Pancasila adalah landasan dari segala keputusan bangsa dan menjadi ideologi tetap bangsa serta mencerminkan kepribadian bangsa. 

Bab 3 ini pancasila sebagai ideologi negara menjadi basis bagi kerohanian, hubungan filsafat, dan ideologi filsafat sebagai pandangan hidup yang hakikat kebenaranya di yakini. Bab 4 membahas tentang pancasila sebagai sistem filsafat yang mengajarkan kita untuk berpandangan luas dan tidak picik dalam memandang dunia. 

Bab 5 menjelaskan pancasila sebagai etika politik dimana didalamnya terdapat tinjauan umum tentang nilai norma dan moral serta hubungan nilai pancasila dalam kontribusi umat islam dalam berpolitik nasional. Bab 6 membahas tentang hubungan agama dan pancasila Indonesia telah mengakui keberadaan enam agama resmi yakni islam, kristen katolik, kristen protestan, hundu, budha, dan khonghucu. Agama-agama tersebut memiliki latar belakang masing-masing dan dinamika sejarahnya. 

Bab 7 membahas tentang pancasila sebagai pradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbanga dan salah satunya pengertian masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Bab 8 ini menjelaskan tentang nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara nilai pancasila telah di uraikan bahwa menurut sifatnya sesuai objek yang baik sesuatu  yang berharga dan sesuatu yang benar. Bab 9  membahas tentang undang undang dasar Negara republik Indonesia dalam hukum tata Negara atau hukum konstitusi dikenal dua macam hukum dasar yaitu hukum dasar tertulis dan hukum dasar tidak tertulis yang disebut konvensi kedua. 

Bab 10 membahas tentang sistem pemerintahan merupakan bagian dari fungsi politik dalam ketatanegaraan. Pemerintahan mempunyai dua pengertian dalam dua arti luas dan arti sempit. Bab 11 membahas tentang pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) ini mencapai kemajuan yang pesat sehingga peradapan manusia mengalami perubahan yang luar biasa. Dengan akal pikiran yang telah diberikan oleh Allah SWT, manusia dituntut untuk mengembangkan dengan jalan mencari ilmu pengetahuan.

Buku ini sangat cocok sebagai bahan ajar mahasiswa perguruan tinggi. Dan buku ini merupakan buku yang memiliki hubungan dengan nilai-nilai pancasila, buku ini juga memiliki banyak manfaat terutama pada jurusan saya yaitu jurusan administrasi publik.

No comments:

Post a comment