Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 02 November 2019

Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan untuk Mahasiswa

Pendidikan Kewarganegaraan.

Judul buku : Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi
Penulis : Prof. Dr. H. Kaelan, M.S dan Drs. H. Achmad Zubaidi, M.Si
Penerbit : Paradigma
Kota terbit : Yogyakarta
Tahun terbit : 2016
Halaman : 208 halaman
Peresensi : Achmad Toyyibul Fikri, mahasiswa Universitas Islam Malang

Berdasarkan keputusan DIRJEN DIKTI No. 43/DIKTI/Kep-/2006, tujuan pendidikan kewarganegaraan adalah dirumuskan dalam visi, misi dan kompetensi sebagai berikut.
Visi pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi, guna mengantarkan mahasiswa untuk memantapkan kepribadiannya sebagai manusia seutuhnya. Hal ini berdasarkan pada suatu realitas yang dihadapi, bahwa mahasiswa adalah sebagai generasi bangsa yang harus memiliki visi intelektua;, religious, berkeadaban, berkemanusiaan dan cinta tanah air serta bangsanya.

Misi pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi adalah untuk membantu mahasiswa menetapkan kepribadiaanya, agar secara konsisten mamppu mewujudkan nilai-nilai dasar Pancasila, rasa kebanggaan dan cinta tanah air dalam menguasai, menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan rasa tanggung jawab dan bermoral.

Oleh karena itu kompetensi yang diharapkan mahasiswa adalah untuk menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis, berkeadaban. Selain itu kompetensi yang diharapkan agar mahasiswa menjadi warganegara yang memiliki daya saing, berdisiplin, berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan yang damai berdasarkan system Pancasila.

Berdasarkan pengertiaan tersebut maka kompetensi mahasiswa dalam pendidikan tinggi tidak dapat dipisahkan dengan filsafat bangsa.

Oleh sebab itu maka buku yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Kaelan, M.S dan Drs. H. Achmad Zubaidi,M.Si sangat bermanfaat bagi kalangan pemuda yang ingin mendalami pengetahuan tentang kecintaan terhadap bangsa Indonesia dan memiliki jiwa Nasionalisme.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar