Pentingnya Nilai-nilai Pancasila - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 1 November 2019

Pentingnya Nilai-nilai Pancasila

Pendidikan Pancasila

Judul : Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis : M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si.,       Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto. S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.Hum., Hayat, S.Ap., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.
Penyunting : Hayat dan H. Suratman
Editor : Asfira Fajar Humairoh
Cetakan : Pertama, Juli 2018
Peresensi : Muhammad Amrul Pratama, mahasiswa Universitas Islam Malang

Buku ini merupakan buku tentang Pengetahuan dan Pendidikan tersusun menjadi 11 bab yaitu : Pancasila dalam lintasan sejarah, pengertian pancasila dan perkembangannya, pancasila sebagai ideologi negara, pancasila sebagai sistem filsafat, pancasila sebagai etika politik, hubungan agama dan pancasila, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara, nilai pancasila dalam kehidupan bermasyrakat berbangsa dan bernegara, UUD Negara Republik Indonesia, sistem pemerintahan, dan pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Buku yang berjudul "PENDIDIKAN PANCASILA" Ini, didalamnya membahas tentang pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa indonesia khususnya peran dari tokoh-tokoh ulama', keduxukan dan fungsi pancasila, pancasila sebagai etika politik, nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, hubungan agama dan pancasila. Kemudian dibahas pula mengenai hubungan pancasila dengan UUD 1945, serta sistem pemerintahan di Indonesia, pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bahan ajar tersebut disusun dalam rangka untuk memperkuat wahana pendidikan karakter Bangsa Indonesia dalam rangka menghadapi era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang mampu mengantarkan mahasiswa bersikap adaptif, kompetitif, dan menjadi lulusan yang cinta tanah air, siap bela negara, serta mampu meningkatkan jati diri bangsanya.

Buku ini mempunyai sistematika yang baik karena setiap bab disusun secara terstruktur sehingga pembaca lebih mudah mengikuti alur pemikiran dari penulisnya. Mempermudah pembaca untuk memahami tentang pancasila dan tak hanya menyuguhkan tentang pendidikan pancasila saja akan tetapi disertai nilai-nilai agama yang terkait dengan dasar-dasar Pancasila. 

Pengamalan nilai-nilai pancasila juga banyak tidak sesuai dengan kondisi dan situasinya. Baik dalam konteks, pancasila dalam lintas sejarah, perkembangan pancasila, pancasila sebagai idelologi negara dan sistem filsafat, sebagai etika politik, dalam hubungan agama, pancasila sebagai paradigma dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, serta pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan.

Disamping itu, semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam berbagai aspek kehidupan, bahkan dalam kerangka pemikiran yang ekstrem tidak sedikit yang mempertentangkan finalnya pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara kesatuan republik indonesia.

Dikalangan pelajar dan mahasiswa, minimnya pengamalan nilai-nilai pancasila menjadi cikal bakal merebaknya aliran-aliran ekstremisme yang berakibat pada tindakan-tindakan radikal yang dibungkus dengan aktivitas ilmiah untuk memporak porandakan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, pendidikan pancasila perlu diajarkan diperguruan tinggi sebagai bagian dari motivasi dan support untuk meningkatkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan masyarakat dan menjadi kunci pencegahan terhadap ideologi-ideologi yang menyimpang dari nilai-nilai yang termaktub dalam sila-sila pancasila.

Penulis buku ini mampu menampilkan ide-ide yang unik karena bukunya lebih banyak menonjolkan aspek kearifan lokal, Ide yang ada pada buku ini merupakan suatu pengalaman dan penelitian dari penulis. Karena semakin rendahnya kesadaran generasi bangsa akan pentingnya pengamalan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan, maka pendidikan pancasila harus disampaikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Buku ini mampu memberikan pelajaran positif bagi masyarakat dan memberikan langkah konkrit kepada dosen pengampu mata kuliah pancasila.

Buku ini sangat cocok dibaca oleh semua kalangan, terutama untuk pemuda pemudi di Indonesia saat ini. Setelah membaca buku ini pemuda pemudi akan tergerak untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung pada buku ini dan mempraktekkan pada kehidupan sehari-hari.

Kekurangan dalam buku ini yaitu tidak cocok dibaca oleh kalangan remaja karena didalamnya terdapat banyak istilah-istilah yang hanya bisa dipahami oleh kalangan mahasiswa dan dosen, buku ini kurang memberikan kepemahaman untuk pembaca yang masih pemula dan menyebabkan pesan tidak tersampaikan dengan baik.

Selain memiliki kekurangan, adapun kelebihan buku ini yaitu memberikan informasi atau pelajaran yang sangat detail dan terperinci mengenai setiap bab yang termuat dalam buku. Dari tata letaknya kita dapat mencermati bahwa buku ini disusun dengan cermat karena dipenuhi oleh ilustrasi yang mendukung penjelasan penulisnya.

Dan memberikan motivasi untuk semua orang untuk mempelajari dan mengamalkan pancasila pada kehidupan sehari-hari. Serta buku ini di lengkapi dengan dalil-dalil Al-Qur'an yang menyangkut tentang pancasila dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi.

No comments:

Post a comment