Pancasila sebagai Ideologi Negara - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 1 November 2019

Pancasila sebagai Ideologi Negara


Pendidikan Pancasila
Judul Buku : Pendidikan Pancasila

Penyunting : Hayat dan H. suratman

Penulis : M. taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., Dr. Mayiyadi, S.H., M.H., Prof. Dr. Drs. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Ragmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. Suratman, S.H., M.H., Drs. H. Moh. Bakar Misbakhul Munir, M.H., H. Umar Said Sugiharto, S.H., M.S., Dr. H. Abdul Rokhim S.H., M.Hum., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhuda Muchsin, B.E, M.M., Dr. Ir. Sumarto, M.P.

Penerbit : Baskara Media

Cetakan : Pertama, Juli 2018

Tebal buku : xii + 382 halaman

ISBN : 978-602-50306-7-3

Peresensi: Izmy Emilda Elama Fernanda, Mahasiswa UNISMA prodi Ilmu Administrasi Negara angkatan 2019.



Pancasila merupakan ideologi dasar bagi Negara Indonesia yang mana mengandung nilai-nilai yang berawal dari adat-istiadat masyarakat  serta agama-agama yang dijadikan pedoman hidup.



Ideologi merupakan suatu ide-ide, gagasan dan cita-cita dalam sebuah negara. Ideologi ini menyangkut beberapa bidang yaitu bidang politik, bidang sosial, bidang kebudayaan dan bidang keagamaan. Ideologi Negara sebagai cita-cita Negara dan sebagai basis bagi suatu teori kenegaraan untuk seluruh rakyat indonesia pada hakiktatnya merupakan asas kerokhanian yang memiiliki ciri khas yaitu memiliki derajat tertinggi sebagai nilai hidup kebangsaan dan kenegaraan. Lalu diwujudkannya asas kerokhanian sebagai pandangan hidup, pandangan dunia, pegangan hidup, pedoman hidup yang dikembangkan, diamalkan, dilestarikan kepada generasi berikutnya, diperjuangkan dan dipertahankan dengan kesediaan berkorban.



Sebelum lahirnya sebuah ideologi maka ada filsafat terlebih dahulu di dalam masyarakat. Filsafat pada hakikatnya adalah sistem dasar dalam masyarakat yang kebenarannya telah di yakini oleh masyarakat tersebut. Sehingga menjadi suatu rangkaian kesatuan cita-cita yang artinya menjadi sebuah ideologi. Dalam kehidupan kita tentu saja terdapat nilai-nilai yang kita anut dengan kepercayaan kita masing-masing. Namun, Pancasila adalah salah satu nilai dasar bagi kita sebagai rakyat Indonesia.



Kita sebagai rakyat indonesia sudah sepatutnya menerapkan 5 sila Pancasila sebagai bentuk cinta tanah air dan sebagai kenyaman dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, kali ini peresensi akan merekomendasikan buku Pendidikan Pancasila ini yang mana dapat sebagai pedoman untuk masyarakat Indonesia terutama para mahasiswa agar dapat lebih mengusai lebih dalam apa itu Pancasila.



Buku Pendidikan Pancasila ini diperuntukkan untuk perguruan tinggi. Sangat bagus bagi mahasiswa yang mana adalah penerus bangsa. Dalam buku ini terdapat XI bab yang salah satunya adalah Pancasila sebagai Ideologi Negara.



Pada bab III, Pancasila sebagai Ideologi Negara, peresensi mengutip poin penting yang dapat menambah wawasn para pembaca yaitu “Ideologi Pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara Indonesia berkembang melalui suatu proses yang cukup panjang.



Pada awalnya secara kausalitas bersumber dari nilai-nilai yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yaitu dalam adat-istiadat, serta dalam agama-agama bangsa Indonesia sebagai pandangan hidup bangsa. Oleh karena itu nilai-nilai Pancasila berasal dari nilai-nilai pandangan hidup bangsa telah diyakini kebenarannya kemudian diangkat oleh bangsa Indonesia sebagai dasar filsafat negara dan kemudian menjadi ideologi bangsa dan negara. Oleh karena itu ideologi Pancasila, ada pada kehidupan bangsa dan terlekat pada kelangsungan hidup bangsa dalam rangka bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.” Halaman 58-59.



Pancasila merupakan pedoman untuk tindakan masyrakat artinya bagaiamana cara masyarakat bertindak tentu saja harus sesuai nilai-nilai baik nilai kebudayaan maupun keagamaan. Pada sila pertama di pancasila berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa yang mana kita sebagai rakyat indonesia wajib mempunyai agama sesuai dengan kepercayaan kita. Kita diwajibkan memiliki agama yang kita yakini agar kita dapat memiliki hidup dengan arah tujuan yang terarah. Walaupun di negara Indonesia memiliki beberapa agama dan juga kebudayaan kita harus saling menghormati dan juga menghargai satu dengan yang lainnya. Hal ini membuktikan bahwa agama dan pancasila saling berhubungan. Tidak hanya itu Pancasila juga sebagai etika politik serta sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan lain sebagainya.



Buku pancasila ini sangat bagus untuk para dosen maupun mahasiswa sebagai pedoman dalam pembelajaran mata kuliah ataupun untuk lainnya yang ingin mempelajari lebih dalam apa itu pancasila. Penjelasan yang diberikan oleh penulis pun sangat rinci dan mudah dipahami hanya saja terdapat beberapa penulisan yang salah. Kita sebagai anak bangsa atau penerus bangsa sudah sepatutnya menjaga negeri kita dengan baik, melestarikannya dan juga mengembangkannya dengan berpedoman pada pancasila sebagai ideologi negara.



Sesuai dengan semboyan negeri kita Bhineka Tunggal Ika, berbeda tetapi tetap satu jua. Kita harus saling menghargai satu dengan yang lainnya walaupun terdapat perbedaan diantara kita karena kita adalah satu. Satu dalam bangsa dan juga satu dalam cinta tanah air.

No comments:

Post a comment