Pancasila dalam Pandangan Hidup Bangsa Indonesia - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 1 November 2019

Pancasila dalam Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

Pendidikan Pancasila.

Judul: Pendidikan Pancasila untuk Perguruan Tinggi
Penulis: M. Taufik, S.H., M.H., Diyan Isnaeni, S.H., M.H., Dr. Mariyadi, S.H., MH., Prof. Dr. Yaqub Cikusin, S.H., M.Si., Dr. Hj. Rahmatul Hidayati, S.H., M.H., Dr. H. Suratman, S.H., M.Hum., Drs. H. Mohammad Bakar Misbakul Munir, M.H., Umar Said Sugharto, S.H., M.H., Dr. H. Abdul Rokhim, S.H., M.H., Hayat, S.AP., M.Si., Drs. Noorhudha Muchsin, B.E., M.M., Dr. Ir. Sumartono, M.P.,
Penyuting : Hayat dan H Suratman
Cetakan : Cetakan Pertama
Penerbit : 2018
Jumlah Halaman : xii+382 halaman
Peresensi : Achmad Toyyibul Fikri, mahasiswa Universitas Islam Malang

Pancasila adalah pandangan hidup bangsa Indonesia dan menjadi dasar NKRI, jadi sangat ideal apabila warga negara Indonesia memahami Pancasila, khususnya bagi anak muda yang masih menempuh studinya di perguruan tinggi, lalu mempraktikannya dalam kehidupan pribadi,kehidupan masyarakat,maupun dalam kehidupan kerja.

Proses pembelajaran pendidikan Pancasila pada dasarnya dilakukan secara berkelanjutan dari pendidikan dasar, pendidikan sekolah menengah pertama, pendidikan sekolah menengah atas, bahkan sampai pendidikan tinggi.Pada tingkat pendidikan tinggi, hal tersebut diperkuat oleh UU Pendidikan Tinggi NO.12/2012 tanggal 10 Agustus 2102 pasal 35 ayat (3) yang menyebutkan bahwa kurikulum pendidikan tinggi tidak hanya wajib memuat memuat mata kuliah agama, kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesian, tetapi juga Pancasila.

Dalam buku ini memaparkan antara lain proses pertumbuhan nilai-nilai budaya bangsa hingga perumusan rancangan dasar negara secara runtut dan komprehensif, implementasi pembukaan dan Pancasila dalam UUD 1945, kontroversi tentang penggali dan dan lahirnya Pancasila untuk menghindari kesalahan persepsi, dan dinamika kehidupan bernegara sejak proklamasi hingga dewasa saat ini. Sebagai salah satu rujukan bagi mahasiswa maupun dosen mata kuliah Pancasila, buku yang  disunting oleh Hayat dan H. suratman ini dilengkapi dengan standar kompetensi pendidikan Pancasila, di mana tiap-tiap bab menyertakan kompetensi dasar serta indicator pencapaiannya.”

No comments:

Post a comment