"Unjung" Calon Petinggi - Soeara Moeria

Breaking

Friday, 18 October 2019

"Unjung" Calon Petinggi

Calon Petinggi terpilih Desa Mindahan Kidul dikerumuni massa.
Oleh : H. Hisyam Zamroni, Wakil Ketua PCNU Jepara

Suasana yang menggembirakan saat Pilpet digelar adalah tradisi unjung atau sillaturahmi warga kepada para calon petinggi. 

Seminggu sebelum pencoblosan, calon Petinggi mengadakan semacam open house dengan menerima kunjungan masyarakat yang disuguhi makan dan pernak-pernik jajanan di toples dan di piring. 

Kegembiraan warga dan calon Petinggi tumpah ruah saling canda tawa dan diakhiri dengan permohonan doa, dan  dukungan  calon petinggi agar bisa terpilih menjadi Petinggi.

Tradisi unjung ini sebagai sarana melepas sekat atau batas-batas ketegangan antar warga lebih khusus antar pendukung agar pilpet tetap dilaksanakan dengan riang gembira dan bahagia.

Unjung warga ini menunjukkan bahwa warga mempunyai cara atau solusi untuk mengendorkan ketegangan secara alami dan mentradisi.

Sekian proses pilpet dengan segala keunikannya memberikan inspirasi bagi kita bahwa sistem pilpet memiliki kerangka budayanya sendiri yang merupakan bagian dari kearifan lokal yang seharusnya kita lestarikan dan kembangkan  sehingga pilpet dijadikan pesta keceriaan dan kebahagian warga dalam memilih pemimpinnya.

Kita mempunyai keyakinan yang sama bahwa pilpet adalah menjadi ajang silaturahmi yang cerah ceria dan bahagia untuk memilih pemimpin yang cerdas dan profesional. (*)

No comments:

Post a comment