Workshop Penulisan Kreatif Selaras Program “Literasi” Kemendikbud

Jepara, soearamoeria.com
Dalam rangka hari santri nasional yang ke-2 tepatnya pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016 seluruh santri se-Indonesia merayakan hari santri. Dimulai dari upacara sampai beberapa lomba-lomba untuk membangkitkan semangat para santri.

Tidak ketinggalan dengan Pesantren Al-Falah Desa Bakalan Kecamatan Kalinyamatan Kabupaten Jepara juga melaksanakan acara hari santri dimulai pukul 06.00 WIB dengan mengikuti acara yang dilaksanakan di alun-alun Jepara.

Seluruh santri dan warga berbondong-bondong untuk mengikuti acara tersebut dan tentunya mengikuti upacara menggunakan pakaian santri mulai dari peci, baju koko, sarung dan sandal. Selepas acara tersebut santri Al-Falah Bakalan mengikuti kegiatan yang dilakukan di pesantren.

Pengemasan acara hari santri yang dilakukan yaitu kegiatan “Workshop Penulisan Kreatif”. Kegiatan yang baru pertama kali dilakukan ini menurut Miftakhussalam, selaku penanggung jawab program Wajar Dikdas dan Paket C Pesantren Al-Falah ini nantinya akan menjadi program tahunan.

Kegiatan yang diawali  dari sambutan penanggung jawab program, perwakilan dewan guru dan dilanjutkan workshop penulisan kreatif serta tidak ketinggalan pula menyanyikan lagu hari santri, ayo mondok.

Keaktifan peserta menjadi kunci di kegiatan tersebut sehingga dari penyelenggara acara menyediakan banyak  doorprise untuk santri-santri yang dapat menjawab atau bertanya.

Acara diakhiri dengan ikrar santri secara bersama-sama dipimpin oleh seorang santri putra sebagai deklamator. Narasumber dari acara ini adalah Miftakhussalam sebagai penanggung jawab program sekaligus guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang saat ini menempuh program Pasca sarjana di Universitas PGRI Semarang Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di aula putri pesantren Al-Falah selama 3 jam dimulai pukul 14.30 – 15.30 WIB dengan jumlah peserta workshop dari santri program wajar dikdas dan paket C pesantren Al-Falah kurang lebih 276 santri.

Seluruh santri berpartisipasi aktif sehingga produk yang nanti dihasilkan dari workshop ini berupa karya-karya kreatif yang nantinya akan di tempatkan di masing-masing kelas bisa berupa fiksi maupun non fiksi. 

Acara tersebut selaras dengan program yang dicanangkan dari kemendikbud yaitu program “literasi” tidak hanya memahami materi yang didengar, santri juga akan berperan aktif dalam penulisan kreatif yang nantinya akan mereka tulis guna mendukung proses pembelajaran yang selama ini sudah dilakukan tentunya dalam bentuk nyata yaitu produk sesuai bakat dan minat mereka untuk menulis kreatif. (ed)
Workshop Penulisan Kreatif Selaras Program “Literasi” Kemendikbud Workshop Penulisan Kreatif Selaras Program “Literasi” Kemendikbud Reviewed by Syaiful Mustaqim on 21:38:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.