Menarik, Pelantikan OSIS di Sawah Miliki Banyak Filosofi - Soeara Moeria

Breaking

Jumat, 21 Oktober 2016

Menarik, Pelantikan OSIS di Sawah Miliki Banyak Filosofi



Jepara, soearamoeria.com
OSIS SMK Fadlun Nafis Bangsri Jepara mengadakan pelantikan dengan suasana yang amat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelantikan kali ini dilakukan di area persawahan Watu Lumpang Bangsri. Begitu yang diungkapkan Ketua OSIS masa khidmat 2016/2017 Nimkatul Fatimah, Kamis (13/10/16) lalu.   

Dia mengatakan OSIS angkatan pertama masa khidmat 2014-2015 berlangsung di sekolah. Dan angkatan kedua berlangsung di Pendopo Kecamatan Bangsri.

Acara ini diikuti oleh 24 anggota OSIS, Kepala Sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan dan pembina OSIS. Pada angkatan ketiga, dari kepala sekolah meminta agar suasana dan lokasi pelantikan berlangsung di luar sekolah.

Dari lokasinya sendiri mereka memilih persawahan yang terdapat pohon kelapa dan padi yang sudah menguning. Ada beberapa filosofi yang terkandung dalam area persawahan yang mereka pilih. Kelapa pohon ini memiliki filosofi apabila hendak mengambil buah pohon kelapa tentunya harus memanjat terlebih dahulu sampai ke ujung pohon dengan mengikuti lengkung arah batang pohon kelapa.

Dari filosofi tersebut diibaratkan dengan organisasi OSIS agar mereka mengerti bahwa untuk mendapatkan hasil kerja yang diinginkan perlu usaha keras yang disertai dengan aturan-aturan.

Dari padi yang menguning juga memiliki filosofi yang berbeda. Padi yang semakin berisi semakin merunduk. Filosofi tersebut bermakna bahwa semakin banyak ilmu yang dimiliki seseorang maka semakin rendah diri terhadap ilmu yang dimilikinya. Jadi dari tempat yang dipilih tersebut, mengajarkan bahwa di manapun kita berada kita harus bisa menyesuaikan diri dalam kondisi apapun.

Lokasi yang berada di alam tersebut juga memiliki kesatuan pada jurusan-jurusan yang ada di SMK Fadlun Nafis. Salah satunya TPHP yang  identik dengan mengolah  hasil pertanian menjadi produk makanan.

“Saya merasa cemas dan lumayan kecewa karena tamu undangan dari sekolah lain menunda menghadiri undangan kami, padahal acara ini menarik,” ujar Indah Permatasari, anggota OSIS XI Farmasi.

Kesempatan itu mereka mengenakan seragam yang tidak seperti biasanya, mengenakan sarung dan tidak beralas kaki. Sarung yang dikenakan dengan bermacam warna dan motif. Yang bermakna bahwa walaupun berbeda-beda tetapi mempunyai satu tujuan yang sama. Dengan tidak menggunakan alas kaki bermakna OSIS harus selalu menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Kepala SMK Fadlun Nafis, Akhmad Efendi memberikan apresiasi kepada pengurus OSIS yang mempersiapkan acara pelantikan di area persawahan. Dengan harapan pelantikan di lokasi tersebut bisa lebih mendekatkan dengan alam.

“Semoga dengan pelantikan tersebut semua pengurus saling berkoordinasi dan bertanggung jawab dengan tugas masing-masing yang mereka emban,” tambahnya. (lum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar