Tanam Buah Belimbing, Jaga Kejayaan Buah Khas Demak - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 23 April 2016

Tanam Buah Belimbing, Jaga Kejayaan Buah Khas Demak


Demak, soearamoeria.com
Meski TMMD Reguler ke-96 Kodim 0716/ Demak baru akan dibuka awal Mei 2016, namun dalam sepekan ini  TNI dan warga Desa sasaran TMMD, yakni  Desa Trengguli, Kecamatan Wonosalam sudah mengawali sejumlah kegiatan. Satu di antaranya adalah melakukan penanaman buah belimbing secara massal di  sepanjang  sungai Apur C 7 yang melintas di desa setempat.


Menurut Kades Trengguli,  Subkhi yang diamini Danramil Wonosalam,  Kapten Inf. Rustiyanto, jika dalam dua pekan belakangan ini warga bersama TNI Koramil Wonosalam dan Kodim 0716/ Demak telah menanam buah belimbing secara massal, yakni sepanjang  2 km di sempadan   sungai Apur C7 yang ada di Desa Trengguli.

Ini alasan penanaman buah belimbing secara massal itu.  Sejumlah warga Trengguli mengemukakan, di samping dalam rangka peduli lingkungan, warga Trengguli  tidak ingin kejayaan  buah belimbing khas Demak, kelak  hanya  tingggal kenangan.

‘’Untuk itu kami warga Trengguli ingin mempertahankan dan menghidupkan kembali buah belimbing sebagai ciri khas buah Demak,  selain jambu Delima dan Cintra.”

Di Tahun 1990-an buah belimbing di Demak   mencapai sekitar  71.500 pohon. Namun belakangan ini, jumlah tersebut sudah berkurang drastis, bahkan diperkirakan jumahnya tinggal  20%  dari angka tersebut. 

‘’Untuk itu,   agar  buah belimbing tidak punah,   warga Desa Trengguli mengambil momen   TMMD Reg-96 Kodim 0716/Demak sebagai  semangat dan tekad  untuk menghidupkan dan mengangkat kembali  buah khas Kota Wali Demak .

Terpisah,  Pasiterdim 0716/Demak,  Kapten Arh M Jayadi, dengan didampingi   Danramil Kapten Inf. Rustiyanto, juga  Babinsa Trengguli,  Serda Segar, memberi apresiasi setinggi-tingginya,  menyusul  Warga Trengguli  begitu semangat melakukan   pelestarian alam lingkungan dengan cara menanam buah belimbing. (Pendim0716/ Demak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar