Apoteker: Bijaklah dalam Penggunaan Obat! - Soeara Moeria

Breaking

Sabtu, 13 Februari 2016

Apoteker: Bijaklah dalam Penggunaan Obat!


Jepara, soearamoeria.com
Dalam Peringatan Hari Farmasi yang diperingati 14 Febuari, SMK Fadlun Nafis Bangsri mengelar seminar yang dihadiri Nia Trisnawati. Dalam uraiannya apoteker yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) ini menekankan pentingnya penggunaan obat dengan bijak yang harus dimulai dengan mau membaca kemasan dan kritis bertanya pada apoteker atau dokter.

Pasalnya, beberapa obat tidak hanya bermanfaat sebagai penyembuh, tapi juga pencegah penyakit, sehingga penting bagi pengguna untuk memahami manfaat dan dampak dari obat.

"Beberapa obat yang tidak hanya berfungsi sebagai kuratif (penyembuh) tapi juga untuk fungsi preventif (pencegah) untuk mencegah kekambuhan atau efek samping. Jadi pengguna obat harus patuh sekaligus kritis saat menerima obat,” tutur ibu yang berkacamata ini.

Ia menambahkan, kurangnya pemahaman masyarakat dan informasi yang memadai tentang penggunaan obat menyebabkan penggunaan antobiotik secara tidak tepat yang memicu resistensi. Penggunaan obat bebas dan bebas terbatas tanpa informasi kita ketahui beredar dengan bebas, maka dari itu, kita sebagai generasi muda lebih cermat dan teliti dengan macam obat apapun.

Selain itu, perlu adanya supervisi tenaga kesehatan, dan kurangnya pemahaman tentang cara menyimpan dan membuang obat dengan benar. Supaya obat yang kita minum tidak berisiko kepada pribadinya.

Lebih lanjut, Nia menambahkan bahwa apoteker dan tenaga farmasi juga sangat berperan penting dalam penggunaan obat secara rasional. Tenaga kesehatan juga harus aktif menjelaskan kepada masyarakat agar cermat dalam menggunakan obat.

"Masyarakat harus kritis ketika mendapat resep dokter. Ketika menebus obat, harus ditanya terlebih dahulu, obat yang dituliskan berguna untuk apa. Kalau membeli obat sendiri baca indikasinya, kandungan obat, jenis obat, kontra indikasi, aturan pakai, dan sebagainya. Bila perlu tanya informasi yang jelas dari apoteker," pesannya dalam seminar yang berlangsung di Aula SMK Fadlun Nafis, Sabtu (13/02).

Dalam sambutannya, Kepala SMK Fadlun Nafis, Akhmad Efendi mengimbau kepada peserta agar berhati-hati dalam penggunaan obat. Jangan hanya langsung minum. Alangkah baiknya, kita harus tanyakan kepada apoteker atau dokter.

Efendi berharap dengan seminar dapat memupuk peserta menjadi generasi yang sehat dan bermanfaat. (lum/qim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar