Manfaat Mainan Edukatif Puzzle untuk Anak

PUZZLE HELLO KITTY 
Mainan Anak Kayu Puzzle-Mainan sebagai dilansir situs Wikipedia adalah sesuatu yang digunakan dalam permainan anak-anak, orang dewasa maupun binatang. Berbagai jenis benda dihasilkan untuk digunakan sebagai mainan. Akan tetapi barang yang diproduksi untuk tujuan lain dapat pula digunakan sebagai mainan.

Sebagai contoh misalnya, seorang anak dapat mengambil suatu alat rumah tangga dan 'menerbangkannya' keliling rumah, membayangkan bahwa benda tersebut adalah sebuah pesawat terbang. Jenis barang lain yang dipasarkan sebagai mainan, ditujukan terutama sebagai barang-barang koleksi dan barang-barang dari jenis ini tidak umum untuk dimainkan (Wikipedia.org).

Salah satu jenis mainan anak yang terbuat dari kayu ialah puzzle. Puzzle berasal dari bahasa Inggris yang artinya teka teki atau bongkar pasang. Sehingga puzzle merupakan media yang dimainkan dengan cara bongkar pasang.

Puzzle bisa dikatakan sebagai permainan menyusun gambar yang sangat populer, biasanya dimainkan oleh anak-anak. Sebuah gambar berukuran besar dibingkai dan bagian tengahnya dipotong-potong menjadi kepingan kecil, lalu kepingan-kepingan gambar tersebut diacak dan disusun kembali menjadi sebuah gambar utuh.

PUZZLE ANGRY BIRDS 
Kepingan gambar puzzle biasanya di bagian pinggirannya dibuat tidak simetris agar bentuk dari keping gambar itu unik dan memudahkan pemain untuk mencocokkan satu keping gambar dengan kepingan gambar yang lain. Semakin rumit gambar puzzle, untuk mencocokannya kita akan semakin tergantung pada bentuk unik pada setiap keping puzzle dalam hubungannya dengan keping lainnya dan asyiknya permainan inipun jadi seperti pekerjaan merakit sebuah mesin (kaskus.co.id).

Manfaat Mainan Kayu Puzzle
Permainan puzzle selain menyenangkan bagi anak, ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi pertumbuhan otak. Nah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan anak dari bermain puzzle antara lain sebagai berikut:

1.    Melatih Problem Solving
Salah satu manfaat utama dari permainan puzzle adalah meningkatkan kemampuan anak untuk problem solving (memecahkan masalah). Permainan ini membantu anak untuk berpikir secara berbeda agar dapat menyelesaikan potongan demi potongan puzzle. Hal ini juga akan membuat anak lebih tertarik untuk belajar di sekolah.

2.    Pentingnya Koordinasi Mata dan Tangan
Puzzle bagi anak hadir dengan bermacam bentuk, warna dan juga gambar. Hal ini dibuat untuk membantu anak meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata mereka. Anak akan dilatih untuk meletakkan potongan puzzle dengan bentuk yang berbeda pada tempat yang tepat. Cara ini dapat membuat anak belajar melibatkan gerakan dan konsentrasi serta mengenali apa yang terlihat pada waktu bersamaan.

3.    Keterampilan Motorik
Anak-anak diharuskan mengambil sesuatu, membuat garis dan memindahkan barang tanpa membuatnya rusak, hal ini berarti meningkatkan keterampilan motorik mereka. Bukan hanya melatih gerakan dasar, puzzle juga akan membantu anak mengontrol gerakan dan meletakkan sesuatu sesuai tempatnya. Pengembangan keterampilan motorik ini juga akan melatih anak melakukan hal-hal dasar seperti menulis dan makan dengan baik.

4.    Bersosialisasi
Dua anak yang bermain bersama-sama tentunya butuh diskusi untuk merancang kepingan-kepingan gambar dari puzzle tersebut. Anak yang lebih besar akan merasa senang jika dapat membantu anak yang lebih kecil, sebaliknya pun begitu, sehingga akan tercipta suasana yang nyaman dan terciptanya interaksi ketika bermain.

5.    Keterampilan Kognitif
Ketika bermain puzzle, anak akan mengenal bentuk dan ukuran serta warna berbeda pada objek. Hal ini akan membantu anak belajar untuk meletakkan segala sesuatu secara bersamaan dan harmonis, yang secara otomatis membuat keterampilan kognitif anak terlatih. Permainan ini juga akan membantu anak dengan dasar-dasar yang diperlukan untuk sekolah dan kehidupannya nanti, termasuk alfabet, berhitung dan mengenal nama-nama objek.

6.    Latihan Kesabaran
Dengan bermain puzzle anak bisa belajar melatih kesabarannya dalam menyelesaikan suatu tantangan.

7.    Daya Ingat
Bermain puzzle akan melatih daya ingat anak tentang bentuk dan warna puzzle yang yang akan disusun. Anak akan mengingat gambar yang dilihat sebelum menyusunnya.

8.    Melatih Nalar
Puzzle dalam bentuk manusia akan melatih nalar mereka. Anak akan menyimpulkan di mana letak kepala, tangan, kaki dan lain-lain sesuai dengan logika. Jika sudah menaruh bagian hidung berarti mulut ada di bagian bawahnya.

Nah, jika tertarik untuk membelikan anak-anak anda puzzle kami siap membantu. Kami menyediakan mainan anak puzzle berbahan dasar kayu berukuran 24 x 30 cm. (ed)

Pemesanan Puzzle
Ketik SMS 085 640 033 625 

Format : Puzzle#Jenis#Jumlah Pesanan#Nama Lengkap#Alamat Lengkap#Email Facebook Anda#Nomer Handphone#Keterangan Lain Jika Ada.
Manfaat Mainan Edukatif Puzzle untuk Anak Manfaat Mainan Edukatif Puzzle untuk Anak Reviewed by Syaiful Mustaqim on 05:12:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.