Susu Kambing Etawa Produk Berkah Manunggal Farm


Jepara, soearamoeria.com- Ada yang menarik dari desa Banyuputih kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara. Di desa itu kini sudah ada peternakan kambing yang juga memproduksi susu Kambing. Meskipun belum berskala besar setidaknya usaha ini bisa dijadikan ajang pembelajaran bagi peternak lain.

Ialah Abdul Khakim warga RT.09 RW.03 yang cukup kreatif membuka usaha peternakan kambing perah. Dibelakang rumahnya ada sekitar 15 kambing perah yang setiap hari menghasilkan susu kambing. Kambing jenis etawa yang cukup besar itu bisa diperah 2 kali sehari.

Ya kalau dihitung setiap hari 1 ekor kambing bisa diperah susunya 1-1,5 liter. Jadi jika kita mempunyai 10 ekor kambing setiap hari kita bisa menjual 10-15 liter susu kambing segar,“ ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum membuka usaha peternakan kambing perah dirinya memelihara kambing biasa. Dalam satu siklus ia pernah mempunyai kambing lebih 20 ekor. Namun karena dihitung untungnya kecil maka ia pun beralih usaha memelihara kambing perah.

Alhamdulillah saya sudah menjalani usaha kambing perah ini selama setengah tahun. Kelihatannya penjualan susu kambing makin bagus prospeknya,“ akunya.

Saat ini pemasaran susu kambingnya kebanyakan dari mulut ke mulut. Selain itu adiknya juga memasarkannya lewat jejaring sosial. Hasilnya cukup bagus setiap harinya pasti ada pelanggan yang datang ke rumahnya untuk membeli susu kambing.

“Setiap hari satu dua pelanggan datang kesini untuk membeli susu kambing. Biasanya sebelumnya SMS dulu sehingga kami bisa mempersiapkan dan susu kambing dalam keadaan segar,“ tambah Khakim.

Saat ini susu kambing dengan label Berkah Manunggal Farm ia sediakan 2 pilihan. Pilihan  pertama ia sediakan dalam botol berukuran 0.5 liter dan kedua bungkus plastik dengan ukuran 0.25 liter. Adapun harga jual per liter saat ini Rp.30.000.

Khasiat susu kambing yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit itulah yang menjadi alasan konsumen datang kembali. Salah satu pelanggan yang mengonsumsi susu kambing mengatakan sakit asmanya sembuh setelah minum susu kambing secara rutin. Selain itu susu kambing itu diyakini bisa menyembuhkan bronchitis dan stroke ringan.

“Sehari kami memerah susu dua kali pagi dan sore hari. Oleh karena itu pelanggan kami sarankan untuk datang ke tempat kami SMS terlebih dulu. Sehingga bisa langsung melihat pemerahan susu,“ lanjut Khakim.

Meski berskala kecil namun usaha kambing perah ini bagi Abdul Khakim sudah bisa menghidupi keluarganya. (Fatkhul Muin/qim)
Susu Kambing Etawa Produk Berkah Manunggal Farm Susu Kambing Etawa Produk Berkah Manunggal Farm Reviewed by Syaiful Mustaqim on 06:28:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.