Hendro Martojo: Empat Kriteria Pelajar NU

Jepara, soearamoeria.com-Menjadi pelajar NU harus memiliki prinsip yang jelas dan tidak boleh menjadi generasi NU yang plin-plan. Hal itu dikemukakan KH Mustamir Wildan saat memberikan materi dalam dialog fikih siyasah: Pendidikan Politik Sehat untuk Remaja yang diselenggarakan PC IPNU-IPPNU Jepara di pemancingan desa Batu Kali kecamatan Kalinyamatan kabupaten Jepara, belum lama ini.

Pernyataan itu dikatakannya sesuai dengan salah satu hadits, la yakun ahadukum in ma’a, jangan menjadi generasi yang plin-plan. Ketua pondok pesantren Balekambang Jepara itu mengajak agar kader-kader IPNU-IPPNU kelak adalah penerus pemimpin di masa yang akan datang.

Subbanul yaum rijalul ghad,” sebutnya mengutip sebuah hadits. Pemuda hari ini lanjutnya harapan masa depan. 10-15 tahun yang akan datang, terang Kiai Mustamir kader NU adalah penerus tonggak kepemimpinan bangsa.

Sebab itu, ia menghimbau kepada pelajar NU agar ilmu fikih siyasahnya diperdalam lagi. Sebab pergantian dari dinasti ke dinasti pasca kenabian sebut saja era dinasti Muawiyah, Abbasiyah serta dinasti-dinasti lain juga merupakan dampak dari perkembangan politik.

Sementara itu, Mantan Bupati Jepara, H Hendro Martojo yang juga hadir dalam kesempatan itu menyebut hasil survei Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) tentang gaya hidup sehat remaja NU kedepan. Menurutnya gaya hidup remaja NU ada 4 kriteria yakni mampu bernegosiasi dengan orang lain, bertanggung jawab atas pilihannya, mengetahui perkembangan dirinya dan paham akan perspektif gender.

Keempat kriteria itu ungkap Hendro adalah hasil survei LKNU dengan Statistical Economic and Social Research and Training Centre for Islamic Countries. Disamping itu, ia juga menambahkan 2 kriteria lain. Kriteria keenam, peningkatan kesadaran dalam berbangsa dan bernegara serta ketujuh kemampuan mengetahui perkembangan politik lingkungannya.

Kegiatan yang dipungkasi dengan buka bersama itu diikuti ratusan peserta dari perwakilan Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Komisariat (PK), Pimpinan Anak Cabang (PAC), Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU se-Jepara, Banom NU di kecamatan Kalinyamatan, H Sholih selaku Sekretaris Daerah Jepara dan Hadi Priyanto, Kabag Humas Pemkab Jepara. (qim)  
Hendro Martojo: Empat Kriteria Pelajar NU Hendro Martojo: Empat Kriteria Pelajar NU Reviewed by Syaiful Mustaqim on 20:52:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.