Bertahan untuk Menjadi Manusia Kuat dan Hebat - Soeara Moeria

Breaking

Selasa, 04 Juni 2024

Bertahan untuk Menjadi Manusia Kuat dan Hebat

Cover buku. 


Judul : Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-apa

Penulis : Bemandry

Penerbit : Gradien Mediatama

Terbit :  Juli 2023

Tebal : 164 halaman

ISBN : 978-602-208-252-1

Peresensi : Zulfa Wafirotul Khusna, Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang

 

Aku kesal melihat hidupku yang jauh lebih terlambat dibandingkan teman-temanku, karena mereka mempunyai sosok yang dapat mereka tanya saat sedang kebingungan. Aku kesal pada lingkunganku yang menganggap segala hal yang aku pikirkan adalah sesuatu yang percuma, karena bertolak belakang dengan kebiasaan yang mayoritas orang lakukan. Aku kesal mendengar orang-orang menilaiku sebagai sosok yang tidak mempunyai masa depan, karena keterbatasan yang ada dalam diriku dan pilihan yang aku ambil.

 

Aku tahu bahwa kita sebenarnya saling menyayangi, tapi kita memilih untuk bertahan dalam diam. Kita masih belum tahu cara bagaimana cara mengungkapkannya dan membuat sebuah kehangatan menjadi nyata.

 

“Kenapa banyak hal yang menghilang dari hidupku? Kenapa aku harus berjuang terus dan sendirian? Kenapa hidupku selalu dipenuhi dengan keraguan dan cacian dari orang-orang yang tidak pernah yakin padaku?"

 

"Kau bilang menangis hanya untuk mereka yang lemah, kan? Dan aku pun berpikir, untuk apa Tuhan menciptakan tangisan dalam setiap diri seorang manusia?"

 

Sampai pada akhirnya aku sadar, segala yang terjadi pada diriku bukanlah hal jahat yang sengaja Tuhan beri padaku. Dari sekian banyak penolakan, dari segudah cibiran dari orang-orang, semuanya itu terjadi karena keinginanku sendiri. Bagaimana bisa?

 

Meski aku selalu mengumpat kepada-Nya, hati kecilku selalu meminta untuk ditakdirkan menjadi manusia yang hebat dan lebih baik dari orang lain. Untuk menjadi hebat, berarti aku harus menjadi manusia yang kuat.

 

Buku ini menceritakan tentang sudut pandang aku di masa lalu yang tidak mendapatkan dukungan keluarga atas mimpi yang dia punya, dipaksa untuk dewasa karena keadaan menggantikan posisi ayahnya yang telah tiada. Banyak konflik yang terjadi antara sosok aku dengan keluarganya hingga ia menyadari bahwa cacian, makian dan rintangan yang dialami adalah proses agar bisa menjadi kuat dan hebat. Dengan adanya penerimaan sosok aku akhirnya bisa mengatasi masalah dan tuntutan kehidupan yang awalnya sulit untuk diterima.

 

Dari buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-apa bisa kita bisa belajar untuk berdamai dengan kenyataan, menerima apapun yang telah digariskan untuk kita dan bersyukur atas apa yang masih ada sekarang. Penerimaan atas hal-hal yang di luar kendali seperti respon orang lain atas pencapaian kita. Dengan bertahan dan berjuang meskipun tidak mendapat apresiasi akan membantu untuk ikhlas apa yang telah dilakukan. Percaya, bahwa kesuksesan itu bervariasi antara yang kita dan yang lain tidak selalu sama.

 

Bemandry menuliskan buku ini dengan pilihan kata indah, sederhana tetapi bermakna. Memberikan motivasi untuk terus bertahan apapun rintangan dan masalah yang dihadapi.


Buku ini memberikan pembelajaran untuk menghadapi dengan kesabaran. Sesekali mengeluh tidak apa-apa, setelah itu bangkit untuk berjuang lagi. Buku ini sangat direkomendasikan bagi semua orang dari segala kalangan terutama untuk remaja yang tengah mencari jati dirinya.

 

Selain memiliki kelebihan, buku Kamu Berharga Meski Tidak Jadi Apa-Apa ini memiliki kekurangan. Kekurangan pada buku ini terletak pada beberapa kalimat yang digunakan ada yang sulit untuk dipahami sehingga perlu pemahaman untuk mengerti apa maksud isi buku tersebut. (19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar