Manfaat dan Cara Melakukan Self Hypnosis - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 07 Maret 2024

Manfaat dan Cara Melakukan Self Hypnosis

Pentingnya self hypnosis. (Subconsciously.com)

Self hypnosis
adalah proses yang melibatkan alam bawah sadar di mana bisa memvisualisasikan tujuan yang ingin dicapai melalui imajinasi dengan keadaan yang nyaman, rileks dan tenang. Dengan memberikan gambaran yang jelas akan membantu dalam mewujudkan tujuan. Berikut 6 cara sederhana melakukan self hypnosis:


1. Kenyamanan

Carilah tempat yang nyaman di mana pikiran dan perasaan bisa fokus tanpa adanya gangguan dari luar. Misalnya di tempat tidur dengan posisi terlentang di waktu malam sebelum tidur. 


2. Menetapkan Tujuan

Tentukan tujuan kamu melakukan self hypnosis. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal sederhana seperti bisa menyelesaikan apapun hal yang akan datang, bisa tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, menikmati proses sebuah proses yang terkadang menguras energi dan pikiran dan  menjadi terbaik versi dirimu dengan mimpi dan harapan yang ingin kamu gapai.


3. Tetapkan Titik Fokus

Kamu bisa mengambil napas secara perlahan lalu buang. Nikmati setiap udara yang masuk dan keluar dari mulut lalu pejamkan mata. Ciptakan visualisasi atas apa yang ingin kamu gapai. Di mana kamu bisa menjadi terbaik versi dirimu. Gambarkan sejelas dan sedetail mungkin seolah olah-olah kamu benar-benar berada di keadaan itu. Rasakan setiap kebahagiaan dan kedamaian yang membuatmu merasakan bahwa kamu telah berhasil.


4. Afirmasi Positif

Ucapkan dalam hati afirmasi positif. Setiap kata demi kata kamu rangkai sambil memvisualisasikan menjadi kenyataan. Seperti "Saya tenang, sehat, ikhlas, damai dan bisa melewati lika-likunya dengan ketabahan dan penerimaan sampai berhasil menggapai tujuan" Lakukan 2-3 kali sampai kamu hanyut dalam kondisi di alam bawah sadar di mana kamu bisa mengekspresikan diri. Tidak ada ketakutan dan sesuatu yang menganggu pikiranmu.


5. Koneksikan antara Pikiran, Perasaan, dan Tindakan

Kamu bisa merasakan adanya kaitan pikiran, perasaan dan tindakan yang selaras sehingga kamu bisa menggapai tujuan. Jika salah satunya adanya terputus kamu bisa ajak mereka untuk berdiskusi supaya bisa diajak untuk kerjasama. Bisa dengan mengucapkan afirmasi "Pikiran, perasaan dan tindakan mohon kerjasama ya! Kalian pasti bisa kan melakukannya. Kita semua di sini itu satu dan ada untuk saling melengkapi bukan mengalahkan ataupun menyakiti"


6. Kembali ke Posisi Awal

Setelah kamu selesai melakukan self hypnosis. Kamu bisa membuka mata lalu bisa tersenyum sambil melihat cermin, berterima kasih karena sudah bertahan dan berjuang tanpa ada kata menyerah.


Setelah mengetahui cara melakukan self hypnosis. Kamu bisa merasakan manfaat dari self hypnosis:


1. Membantu Mengatasi Ketakutan

Ketika kamu berada di suatu kondisi yang membuatmu tidak nyaman bahkan mengingatkanmu akan hal yang tidak mengenakkan kamu akan merasakan ketakutan yang membuatmu sampai gemetar atau bahkan sampai sesak. Kamu bisa melakukan self hypnosis dengan menenangkan diri terlebih dahulu dengan mengambil napas secara perlahan lalu buang kemudian mengucapkan afirmasi positif sampai kamu bisa kembali tenang.


2. Membantu Mengelola Emosi

Emosi memang bisa berubah sesuai dengan situasi dan kondisi. Ketika berada dalam tekanan emosi negatif seperti amarah bisa meledak. Maka dari itu, pengelolaan emosi melalui self hypnosis membantu individu untuk tetap dalam mode tenang meskipun keadaannya genting dan bisa mengendalikan emosi sehingga bisa menghadapinya dengan kepala dingin.


3. Menciptakan Harapan dan Motivasi

Harapan dan motivasi memiliki peranan dalam menghadapi kehidupan. Ketika masih ada harapan dan motivasi yang positif akan membantu dalam menyelesaikan masalah. Setidaknya itu bisa menjadi sesuatu yang bisa menguatkan. (Zulfa Wafirotul Khusna/14)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar