MTs NU Banat Kudus Raih Gold dan Silver Medal di Ajang I2ASPO - Soeara Moeria

Breaking

Rabu, 20 Desember 2023

MTs NU Banat Kudus Raih Gold dan Silver Medal di Ajang I2ASPO

Tim riset MTs NU Banat Kudus raih penghargaan. 

Kudus, soearamoeria.com - Tim riset MTs NU Banat Kudus berhasil meraih dua medali emas (gold medal) dan satu medali perak (silver medal) di ajang Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) yang digelar Indonesian Young Scientist Association (IYSA) di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (20/12/2023).


MTs NU Banat Kudus mengirimkan tiga tim riset untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut. 


Kepala MTs NU Banat Kudus, Nor Khusomah menyampaikan rasa syukur atas keberhasilan tim riset sekolahnya meraih prestasi di ajang I2ASPO. 


Pihaknya telah menyiapkan tiga tim riset untuk mengikuti ajang bergengsi yang digelar di ITS itu. 


“Kami sangat bersyukur atas fadilah Allah Swt. ketiga tim riset kami bisa meraih tiga kemenangan di ajang I2ASPO yang diadakan di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya kali ini. Semoga prestasi ini bisa memberikan dorongan lebih baik kepada siswa, guru, maupun warga madrasah yang lain,” katanya.


Khusomah menambahkan bahwa ketiga tim itu adalah tim Parijoto dengan risetnya yang berjudul In Silico Phenolic Testing on Nano Emulsion Parijoto Extract to Increase Hormones Testosterone dengan anggota Warda Tsaqiva, Keisya Kanya Juniara. Tim Parijoto meraih gold medal dan MYSO Special Award. Tim ini dibimbing oleh Nur Aliyah untuk kategori  functional food. 


Tim kedua adalah tim Rambusa dengan judul Test The Effectiveness of Rambusa Fruit (Passiflora Foetida L) as A Candidate for Anti-Diabetic Drugs Using in Vivo and in Silico Tests dengan beranggota Vidya Aruna Maharani dan Dewi Nabila Johar Taqwim. Tim yang dibimbing  Hj. Fauziah Agustiani untuk kategori functional food ini meraih silver medal.


Adapun tim ketiga adalah tim TR-X1 dengan membawakan judul TR-X1 (Trash Robot - X1. Tim TR-X1 yang terdiri atas Aisha Kamila Gussaldy, Atarizqi Fitriani, Aulia Mazidatul Ilmi untuk kategori IoT and ITS Applications ini meraih gold medal. Tim tersebut dibimbing Arifatun Nisa'.


Sementara itu, salah satu Ketua Tim TR-X1 MTs NU Banat, Aisha Kamila Gussaldy, mengatakan bahwa timnya mengusung robot pengangkut sampah yang ada di permukaan air dengan nama TR-X1 (Trash Robot-X1). Robot itu dikendalikan dengan remote khusus yang telah dirancang timnya. Robot ini dibuat berlatar belakang masalah sampah yang menumpuk di Indonesia, terutama sampah plastik.


“Membuat TR-X1 ini tidak mudah. Saat uji coba, banyak sekali kendala yang terjadi. Pada bagian servo dan keseimbangan robot, sangat sulit untuk menentukan kecocokan antara output dan input. Hingga kami harus berkali-kali mengganti komponen tersebut,” kata Aisha.   


Aisha menjelaskan, persiapan lomba dan pembuatan robot itu harus mereka seimbangkan dengan ujian akhir semester dan kegiatan class meeting di madrasahnya. Aisha bersama timnya harus mempersiapkan robotnya di luar jam madrasah.


“Alhamdulillah karena kerja keras dan kekompakan tim akhirnya semua penelitian kami bisa meyakinkan juri dan mendapatkan gold medal. Semua itu juga atas dukungan dan doa kepala sekolah, guru pembimbing dan semua guru kami, orang tua kami, dan semua teman. Untuk itu, kami mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk dukungan yang diberikan,” ungkapnya. (as)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar