Doona, Drama Korea Sisi Kelam Idol - Soeara Moeria

Breaking

Kamis, 02 November 2023

Doona, Drama Korea Sisi Kelam Idol


Cover film Donna. 

Judul : Doona

Sutradara : Lee Jung Hyo

Laman : Netflix

Tayang : 20 Oktober 2023

Peresensi : Saskia Hasri Sholekah, mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya Prodi Sastra Indonesia Universitas Diponegoro Semarang.


Doona! drama Korea diperankan oleh Bae Suzy dan Yang Se Jong ini telah dirilis secara serentak oleh Netflix pada 20 Oktober 2023 dengan 9 episode. Di bawah naungan sutradara Lee Jung Hyo, Doona berhasil raih rating tertinggi di Indonesia dalam penayangan perdananya. 


Bae Suzy tampak apik memainkan peran Doona dengan ciri khas senyum smirk, potongan rambut dengan poni depan dan tentunya penggunaan lensa kontak yang tampak mencolok.


Kisah mantan idol Lee Doo Na yang terkenal sebagai leader dan main vocal dalam girl group “Dream Sweet” secara tiba-tiba menghilang dari peradaban dunia idol. Berlangsung saat grupnya tampil Doona yang notabene merupakan visual dalam grup tiba-tiba mengalami trigger yang menyebabkan penampilannya dihentikan. 


Tidak puas atas keterkejutan yang dibuat sang idol, para fans Doona lebih tidak menyangka bahwa beberapa hari setelah tragedi itu Doona dikabarkan mundur dari grup dengan alasan fokus dalam melanjutkan studinya. 



Hidup menjadi seorang idol begitu memuakkan bagi Doona. Hidupnya kembali ia “bangun” atau tepatnya ia “lupakan sejenak” hingga ia tinggal menyendiri di sebuah rumah indekos. 


Doona hidup dengan segala keputusan atas keputusasaan yang ia punya. Setelahnya, hidup hanya berputar pada kegiatan merokok, melamun, minum, dan kegiatan rutin yaitu menghubungi seseorang berinisial “P”. 


Tampak tak berdaya, tak ada sosialisasi, kurang ramah merupakan image yang ia tampilkan setelah menunggu banyak waktu untuk selalu menjadi sempurna. Rokok menjadi tampilan paling menarik dalam drama ini. Sebab, seorang idol yang telah menjaga hidup dan kegiatannya untuk selalu tampil sempurna tetapi dihapuskan hanya dengan rokok. 


Setiap episode Doona tampak selalu merokok dan merenung di taman depan indekosnya. Hingga ia dipertemukan dengan sosok Won Joon, mahasiswa yang sedang berjuang untuk hidup yang lebih layak dengan merantau ke kota dan mencari pekerjaan sambilan. 


Sikap Won Joon yang menurut Doona polos dan setiap harinya menarik perhatiannya membuat karakter Doona lebih mau terbuka dan menyenangkan. Walaupun begitu Doona masih saja dihantui oleh masa lalunya menjadi idol dengan kiriman misterius dan pesan dari “P”.


Tokoh “P” menjadi salah satu faktor kisah kelam sebuah agensi idol. Sudah menjadi rahasia umum jika sisi kelam dunia Idol di Korea Selatan memang benar adanya. Para Idol yang merasakan hidup penuh dengan tekanan, kontrolan hingga hujatan yang tak ada hentinya. 


Drama ini merupakan gambaran nyata yang secara tidak langsung diberikan melalui penggambaran kisah fiktif. Banyaknya rumor mengenai idol yang bunuh diri karena sudah tidak sanggup untuk hidup bahkan alasan keluarga pun tak cukup kuat untuk menjadi alasan bertahan. 


Doona digambarkan sebagai idol yang mangkir dari industri musik karena tak sanggup menghadapi segala muaknya hidup. Salah satunya adalah muaknya dikendalikan dan dimanfaatkan sebagai mesin penghasil uang bagi keluarganya. 


Dalam episode 4 terdapat adegan Ibu Doona yang mengunjungi indekosnya hanya untuk memastikan Doona kembali menjadi Idol dan kembali menghasilkan uang. Doona terlihat muak dan sangat marah hingga ia meninggalkan ibunya sendiri. 


Meskipun terkesan sangat muak dari segala dunia idol dan kekangannya, di dalam lubuk hati Doona ia masih ingin tampil dan berkarya dengan grupnya. Selain ia merupakan main vocal dan leader ia juga menjadi visual utama dalam girl group Dream Sweet.


Selain menjadi idol yang mangkir, tokoh Doona juga mendapatkan kecaman setelah meninggalkan Won Joon. Dengan mudahnya ia memilih pergi bersama “P” di saat yang bersamaan ia sedang berdua dengan Won Joon. Padahal sebelumnya Doona menjadi cegil alias “cewe gila” setelah menggoda dan menarik perhatian Won Joon. 


Bersamaan dengan drama ini ditanyangkan Bae Suzy mengungkapkan sebuah fakta menarik bahwa tokoh Doona mengingatkanya pada Suzy di masa lalu. Suzy terkenal kala menjadi anggota dalam girl group Miss A masuk pada generasi kedua.

 

Girl group yang telah mengantarkan kesusksesan Suzy sayangnya telah bubar pada tahun 2017. Ia menjadi teringat pada masa-masa dirinya menjadi idol dan anggota Miss A. Suzy membeberkan alasannya mengambil peran Doona bukan karena ia teringat masa lalunya saja tetapi juga karena ia memang menyukai cerita. Dan ditegaskan bahwa pengalamannya menjadi seorang Idol KPop tidak sama dengan apa yang dialami oleh Doona. (02)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar